Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urine primer adalah

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urine primer adalah

Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urin primer adalah a. 1. Nomor 1 pada gambar adalah glomerulus. Pada glomerulus terjadi proses filtrasi yang menghasilkan urin primer. Simak penjelasan berikut.

Pembahasan

Nefron adalah unit fungsional dan struktural terkecil pada ginjal. Unit ini berperan penting dalam proses penyaringan darah. Nefron terletak meluas melewati area korteks dan medula ginjal. Setiap ginjal pada manusia memiliki sekitar satu juta nefron. Perhatikan struktur nefron pada gambar! Berikut adalah bagian-bagian nefron dan fungsinya.

1. Badan Malpighi

Badan Malphigi adalah daerah di mana darah pertama kali masuk ke ginjal dari aorta melalui arteri ginjal. Badan Malphigi terdiri atas glomerulus dan kapsula bowman. Badan Malphigi berfungsi sebagai tempat dimana terdapat alat penyaring darah.

2. Glomerulus

Glomerulus adalah pembuluh kapiler yang menyerap protein dari darah yang melalui badan Malphigi. Glomerulus berfungsi sebagai tempat penyaringan darah. Zat yang akan disaring adalah air, garam, asam amino, glukosa, dan urea. Glomerulus menghasilkan urin primer. Proses di bagian ini disebut filtrasi.

3. Kapsula bowman

Kapsula Bowman adalah pembungkus glomerulus yang berbentuk seperti kapsul. Kapsula bowman berfungsi untuk mengumpulkan cairan hasil penyaringan glomerulus.

4. Tubulus kontortus proksimal

Tubulus kontortus proksimal adalah tempat penyerapan kembali urin primer. Zat yang diserap adalah glukosa, garam, air, dan asam amino. Tubulus kontortus proksimal berfungsi untuk menghasilkan urin sekunder. Proses di bagian ini disebut reabsorpsi.

5. Lengkung henle

Lengkung henle adalah saluran berbentuk setengah lingkaran dan menjadi penghubung antara tubulus kontortus proksimal dengan tubulus kontortus distal. Lengkung henle berfungsi untuk mencegah urine kembali ke tubulus kontortus proksimal.

Baca Juga  Puisi berjudul aku merupakan karya dari

6. Tubulus kontortus distal

Tubulus kontortus distal adalah tempat untuk melepaskan zat-zat yang tidak berguna lagi. Tubulus kontortus distal berfungsi untuk menghasilkan urin sesungguhnya. Proses di bagian ini disebut augmentasi.

7. Tubulus kolektivus

Tubulus kolektivus adalah tabung sempit panjang dalam ginjal yang menampung urin dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih. Tubulus kolektivus berfungsi untuk mengumpulkan urin dari tubulus kontortus distal dan disalurkan ke pelvis.

Perhatikan bagian-bagian nefron pada gambar di attachment!

PADA SOAL,

Nomor 1 = glomerulus

Nomor 2 = kapsula Bowman

Nomor 3 = pembuluh darah (arteri)

Nomor 4 = tubulus kontortus distal

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Eksresi pada Manusia

Kode: 9.4.2

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urine primer adalah Semoga Membantu.