Apa yang dimaksud dengan suku bangsa

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa yang dimaksud dengan suku bangsa

Suku bangsa atau etnis adalah kelompok atau kesatuan sosial yang memiliki kesamaan identitas seperti bahasa, budaya dan adat istiadat.

Pembahasan:

Keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat Indonesia dapat dilihat dari banyaknya suku bangsa (disebut juga etnis) di wilayah Indonesia, dengan setiap suku memiliki bahasa dan budaya sendiri. Setiap pulau di Indonesia memiliki suku aslinya, dan pulau besar seperti Kalimantan dan Papua memiliki puluhan suku yang tinggal di sana.  

Indonesia adalah salah satu negara yang paling beragam secara suku dan budaya. Indonesia terdiri dari sekitar 1300 suku, baik penduduk asli maupun kelompok asing, seperti orang Tionghoa, Arab dan India.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah menyusun sebuah laporan mengenai kelompok etnis, bahasa asli dan agama Indonesia dalam Sensus Penduduk 2010. Berdasarkan hasil sensus, adalah kelompok suku bangsa terbesar adalah suku Jawa, suku Sunda, suku Melayu, suku Madura dan Batak.  

Toleransi penting untuk mencegah adanya konflik atau pertentangan antara kelompok masyarakat yang berbeda.  Sikap Toleransi misalnya adalah tidak membedakan pergaulan antara teman satu kelas yang berbeda suku bangsa yang ada ini.

—————————————————————————

Detail Jawaban:  

Kelas: V

Kode: 5.10.3

Mata pelajaran: IPS/Geografi

Materi: Bab 3 – Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa yang dimaksud dengan suku bangsa Semoga Membantu.

Baca Juga  Peraturan daerah yang dibuat oleh kepala daerah kabupaten biasanya berupa