Piala sepak bola yang diperebutkan antar negara sedunia dinamakan

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Piala sepak bola yang diperebutkan antar negara sedunia dinamakan

Dalam sepakbola, ada beberapa ajang atau turnamen yang dipertandingkan baik antar klub ataupun antar negara. Untuk ajang antar negara di dunia yang memperebutkan piala dikenal dengan Piala Dunia atau FIFA World Cup. Kejuaraan olahraga terpopuler didunia yang konon disaksikan paling banyak penonton di muka bumi ini diadakan setiap 4 tahun sekali.

Penjelasan:

Ajang FIFA World Cup atau Piala Dunia ini terakhir diadakan di tahun 2018 yang lalu di Rusia. Turnamen berikutnya akan diadakan di Qatar pada tahun 2022. Sebenarnya selain piala dunia,ada ajang serupa untuk antar negara yang juga diselenggarakan setiap empat tahun sekali namun tidak dibawah naungan FIFA, melainkan IOC, yaitu sepakbola olimpiade. Namun ada batasan umur untuk para pemain yang berlaga di kompetisi ini yaitu maksimun berusia 23 tahun plus 3 pemain senior diatas 23 tahun.

Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik tentang piala dunia FIFA.

  • edisi pertama diadakan pada tahun 1930 di Uruguay yang dimenangkan oleh tuan rumah.
  • Tak lebih dari 10 negara yang pernah menjuarainya, semuanya berasal dari Eropa atau Amerika Selatan. Mereka adalah Brasil, Italia, Jerman, Prancis, Argentina, Uruguay, Inggris dan Spanyol.
  • Belanda menjadi tim yang paling banyak mengalami kegagalan di final, sebanyak 3 kali (1974, 1978 dan 2010)
  • Kompetisi ini sempat ditiadakan di tahun 1942 dan 1946 akibat perang dunia II yang berkobar di seluruh wilayah.
  • Top skor sepanjang masa di ajang ini adalah striker Jerman Miroslav Klose (16 gol) yang berlaga di edisi 2002,2006,2010 dan 2014.
  • Peraih penghargaan pemain terbaik dunia terbanyak, Lionel Messi (6 kali), hanya pernah sekali menjadi pemain terbaik edisi 2014 tanpa meraih gelar juara bagi negaranya Argentina.
  • Tim-tim asal benua Eropa mendominasi ajang ini sejak 2006 hingga edisi terakhir.
  • Piala dunia telah beberapa kali mengalami perubahan format kejuaraan dan jumlah peserta dari 12, 16, 24, 32 hingga 48 tim nanti di edisi 2026.
  • Ajang edisi 2026 akan diadakan pertama kali di tiga negara, yaitu AS, Meksiko dan Kanada.
Baca Juga  Sungai chao phraya terletak di negara

Pelajari lebih lanjut:

Tentang para juara piala dunia

Tentang sejarah piala dunia

Detail jawaban:

Kelas: SMP

Mapel: Penjaskes

Kategori: football

kode: 9.22.1

kata kunci: piala dunia, sepakbola

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Piala sepak bola yang diperebutkan antar negara sedunia dinamakan Semoga Membantu.