Tulang tulang yang tersusun secara teratur membentuk

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tulang tulang yang tersusun secara teratur membentuk

Tulang-tulang yang ada pada manusia tersusun secara teratur dan membentuk rangka (B). Sistem rangka teridiri dari kerangka aksial dan apendikuler. Kerangka aksial terdiri dari tengkorak, tulang belakang dan tulang dada serta rusuk. Kerangka apendikuler terdiri dari alat gerak atas dan alat gerak bawah. Hubungan antara tulanh satu dengan lain disebut dengan sendi.

Pembahasan

Rangka merupakan salah satu dari sistem gerak selain otot. Rangka manusia selain sebagai sistem gerak juga sebagai pelindung organ.

Rangka manusia dibagi menjadi rangka aksial dan rangka apendikular. Rangka aksial berfungsi sebagai sumbu tubuh. Adapun rangka apendikular berfungsi sebagai pendukung gerak tubuh.

A. Rangka aksial

Rangka aksial merupakan tulang-tulang yang berada di tengah / sumbu tubuh yang meliputi:

1. Tulang Kepala

Tulang kepala terdiri atas tulang tempurung (kranium) dan tulang rahang. Tulang kepala berfungsi sebagai pelindung otak, pelindung organ pendengaran, dan pelindung organ penglihatan.

Hubungan tulang yang terdapat pada tengkorak kepala bersifat suture yaitu tidak dapat digerakkan. Sendi yang menghubungkan tengkorak dengan tulang belakang ini disebut sendi atlas (sendi putar), sehingga memungkinkan gerak kepala mengangguk ke depan dan ke belakang, menggeleng ke kiri dan ke kanan, bahkan berputar ke kiri dan ke kanan dengan wajah tetap menghadap ke depan.

2. Tulang Belakang (Columna Vertebralis)

Tulang belakang merupakan penopang tubuh utama. Terdiri atas tulang-tulang belakang (vertebrae). Di antara tulang-tulang vertebrae terdapat discus invertebralis merupakan tulang rawan yang membentuk sendi yang kuat dan elastis. Discus invertebralis memungkinkan tulang belakang bergerak ke segala arah.

Baca Juga  Benda benda seni rupa terapan sering juga disebut dengan

Pada tulang belakang terjadi perlengkungan karena berfungsi sebagai penyangga berat dan memungkinkan manusia melakukan berbagai jenis posisi gerak.

3. Tulang Dada (Sternum) dan Tulang Rusuk (Costa)

Tulang dada terdiri atas bagian hulu atau tangkai (manubrium sterni), bagian badan (corpus sterni), dan taju pedang (processus xyphoideus). Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang tulang rusuk, yaitu:

a. 7 pasang rusuk sejati (costa vera)

b. 3 pasang rusuk palsu (costa spuria)

c. 2 pasang rusuk melayang (costa fluctuantes).

Bersama lekukan thorax pada tulang belakang, tulang dada dan tulang rusuk membentuk rongga dada (thorax) yang melindungi organ-organ penting seperti jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang. Ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang belakang.

Tulang rusuk dapat dibedakan menjadi tiga macam sebagai berikut:

a. Tulang rusuk sejati berjumlah tujuh pasang. Ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang belakang, sedangkan ujung depan melekat pada tulang dada.

b.Tulang rusuk palsu berjumlah tiga pasang. Ujung belakang melekat pada tulang belakang dengan ujung depan melekat pada tulang rusuk di atasnya.

c. Tulang rusuk melayang berjumlah dua pasang. Ujung belakang melekat pada tulang belakang, sedangkan ujung depan bebas tidak melekat.

B. Rangka apendikular

Rangka apendikular meliputi anggota gerak tubuh. Rangka apendikular dapat dikelompokkan menjadi:

1. Gelang bahu

Terdapat dua gelang bahu, yaitu kanan dan kiri. Masing-masing gelang bahu terdiri atas tulang selangka (clavicula) dan tulang belikat (scapula).

2. Tulang anggota gerak atas

Tulang anggota gerak atas terdiri atas dua tungkai, kanan dan kiri. Masing-masing terdiri atas

a. tulang lengan atas (humerus)

b. tulang hasta (ulna)

c. tulang pengumpil (radius)

d. 8 tulang pergelangan tangan (carpal)

e. 5 tulang telapak tangan (metacarpal)

Baca Juga  Nama asli ki hajar dewantara

f. 14 tulang jari tangan (phalanges)

3. Gelang panggul

Gelang panggul terdiri atas 2 tulang pinggul (coxae) di kanan dan kiri. Gelang panggul sangat stabil dan berfungsi menahan berat tubuh.

4. Tulang anggota gerak bawah

Tulang anggota gerak bawah terdiri atas dua tungkai kaki, kanan dan kiri. Masing-masing terdiri atas

a. tulang paha (femur)

b. tulang tempurung (patella)

c. tulang kering (tibia)

d. tulang betis (fibula)

e. 7 tulang pergelangan kaki (tarsal)

f. 5 tulang telapak kaki (metatarsal)

g. 14 tulang jari kaki (phalanges)

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Tulang, dan Sendi

Kode: 11.4.4

Kata kunci: rangka, penyusun rangka, sendi

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tulang tulang yang tersusun secara teratur membentuk Semoga Membantu.