Apakah semua pekerjaan memiliki pakaian profesi khusus jelaskan

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Apakah semua pekerjaan memiliki pakaian profesi khusus jelaskan

Tidak semua pekerjaan memiliki pakaian profesi khusus. Hanya orang yang memiliki profesi sehingga harus menggunakan pakaian khusus biasanya disebut dengan seragam atau pakaian dinas. Yang perlu diketahui dan dipahami bahwa pekerjaan berbeda dengan profesi. Orang yang berprofesi harus mengenakan pakaian profesi khusus bertujuan agar dikenali dalam melakukan tugas dan dipercaya untuk melaksanakannya.

Pembahasan

Istilah pekerjaan berbeda dengan profesi. Hal ini berkaitan dengan keahlian dan ilmu yang dimiliki.

  • Pekerjaan. Pekerjaan dapat dilakukan oleh siapapun dengan tujuan untuk menghasilkan uang dan jasa. Pekerjaan dialkukan tanpa memerlukan keahlian khusus. Orang yang bekerja tidak perlu menggunakan pakaian profesi khusus, hanya pakaian yang pantas dan sesuai dengan apa yang dilakukan. Contoh pekerjaan adalah pedagang, peternak, petani.
  • Profesi. Profesi merupakan pekerjaan yang hanya boleh dan dapat dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian khusus. Keahlian ini ditunjukkan dengan sertifikat, ijazah, dan pendidikan profesi tertentu. Orang yang tidak memiliki keahlian tidak diperbolehkan melakukannya. Profesi memiliki pakaian profesi khusus dan hanya dimiliki oleh orang yang mampu. Contoh profesi dengan pakaian profesi :
  1. Dokter, menggunakan pakaian dinas dokter berupa jas putih. Profesi dokter hanya boleh dilakukan oleh orang yang telah menempuh pendidikan kedokteran dan profesi dokter sehingga memiliki gelar dr.
  2. Polisi, polisi juga merupakan profesi dengan pakaian dinas berwarna coklatnya. Orang yang berprofesi polisis harus telah lulus dari pendidikan akpol.
  3. Tentara, atau TNI merupakan profesi dengan pakaian dinas berwarna hijau. Orang yang berprofesi tentara harus lulus dari pendidikan akmil.
  4. Guru, guru juga merupakan profesi dengan pakaian dinas khaki dan PSH abu – abu.
Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan jump ball

Itulah perbedaan antara pekerjaan dengan profesi. Profesi merupakan pekerjaan, namun tidak semua pekerjaan termasuk profesi.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pekerjaan dan profesi brainly.co.id/tugas/7049379
  2. Materi tentang pakaian khusus profesi brainly.co.id/tugas/22462795

—————————-

Detil jawaban

Kelas : —

Mapel : Umum

Bab : Pekerjaan dan Profesi

Kode : —

#JadiRankingSatu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apakah semua pekerjaan memiliki pakaian profesi khusus jelaskan Semoga Membantu.