Satuan nutrisi yang menyusun bahan makanan disebut

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Satuan nutrisi yang menyusun bahan makanan disebut

Satuan nutrisi yang menyusun bahan makanan disebut zat makanan. Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, protein,lemak, vitamin dan mineral. Selain zat –zat makanan tersebut, air juga dibutuhkan untuk memenuhi cairan tubuh. Fungsi zat makanan tersebut yaitu sebagai sumber energi, pengganti sel-sel yang rusak, dan sebagai zat pembangun dan pengatur.

Pembahasan

Nutrisi atau gizi adalah zat yang dibutuhkan makhluk hidup sebagai  sumber energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan, dan  untuk berlangsungnya fungsi normal pada setiap jaringan dan organ  tubuh. Terdapat enam jenis nutrisi yaitu karbohidrat, lemak, protein,  vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat, lemak, dan protein dibutuhkan  dalam jumlah yang banyak, sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit.

Karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin merupakan nutrisi organik  yang mengandung karbon. Sebaliknya, nutrisi anorganik seperti air dan mineral, tidak mengandung karbon. Makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein perlu dicerna atau dipecah terlebih dahulu oleh tubuh. Sedangkan air, vitamin, dan mineral dapat diserap langsung oleh sel-sel tubuh.

Dalam kondisi-kondisi tertentu, seseorang dapat mengalami kekurangan zat makanan ataupun kelebihan zat makanan sehingga dapat memicu suatu penyakit.

Detil jawaban

Kelas: 2 SMP

Mapel: Biologi

Bab: Sistem pencernaan pada manusia

Kode: 8.4.7

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Satuan nutrisi yang menyusun bahan makanan disebut Semoga Membantu.

Baca Juga  Ashadualla ilaha illallah adalah lafal syahadat