Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan jelaskan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan jelaskan

Jawaban:

Pada bola yang bergerak atau berhenti, keduanya kondisi itu disebabkan bola tersebut dipengaruhi oleh adanya gaya. Gaya yang bekerja adalah gaya gesek kinetik. Gaya gesek dialami saat bola yang sedang bergerak bersentuhan dengan bidang sentuh misalnya aspal atau tanah dan lantai. Udara di sekitar bola saat bergerak menghambat laju bola sehingga bola pada akhirnya akan berhenti. Pada saat bola berhenti maka kecepatannya berubah, bola yang diberhentikan memiliki kecepatan 0.

Pembahasan:

Gerak pada benda diatur dalam Hukum Newton.

  1. Hukum Newton I. Pada Hukum Newton I diungkapkan bahwa setiap benda cenderung mempertahankan keadaannya, yaitu tetap diam atau tetap bergerak dengan kecepatan konstan. Penerapanan hukum ini yaitu pada saat mobil bergerak secara tiba-tiba, maka tubuh kita seolah-olah terpaksa tertarik ke depan oleh kursi mobil, namun saat itu juga ada bagian tubuh kita yang masih mempertahankan posisi sehingga seolah-olah kita juga merasakan terdorong kebelakang setelahnya. Contoh lainnya pada saat mobil direm. Maka tubuh akan juga terdorong ke depan tapi cenderung mempertahankan keadaannya kembali sehingga kita merasakan dorongan ke belakang juga.
  2. Hukum Newton II. Pada hukum ini diungkapkan bahwa sebuah benda yang dikenai gaya akan mengalami percepatan yang besarnya berbanding lurus dengan besar gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda. Contohnya bola yang diam memiliki kecepatan nol. Jika bola ditendang maka bola memiliki kecepatan. Makin keras tendanganmu pada bola, kecepatan gerak bola akan semakin besar dan gaya yang bekerja semakin besar. Namun saat kita menendang bola yang lebih berat, tidak akan sama kecepatannya dengan menendang bola yang massanya lebih ringan.
  3. Hukum Newton III. Pada hukum ini diungkapkan bahwa setiap benda memiliki gaya aksi maka juga akan ada gaya reaksi yang besarnya sama tetapi berlawanan arah. Contohnya saat kita mencoba untuk mendorong dinding dengan tangan, maka kita juga akan merasakan adanya dorongan dari dinding yang arahnya berlawanan dengan tangan kita. Semakin besar dorongan yang kita lakukan, maka kita akan merasakan juga semakin besar dorongan dinding terhadap kita. Dorongan yang kita lakukan pada dinding merupakan bentuk gaya aksi sedangkan dorongan dinding yang dirasakan kepada kita merupakan bentuk gaya reaksi. Sehingga pada pada Hukum Newton III disebut juga hukum aksi reaksi.
Baca Juga  Jelaskan perbedaan antara biografi dan autobiografi

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban

Kelas : 8

Mapel : Fisika

Bab : Gaya dan Usaha

Kode : 8.6.1.1

Kata Kunci : Bola, berhenti, gaya

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan jelaskan Semoga Membantu.