Negara asean yang memiliki iklim subtropis

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Negara asean yang memiliki iklim subtropis

Jawaban:

1.Negara anggota ASEAN yang memiliki iklim subtropis adalah………..

a. Myanmar

Subtropis adalah wilayah Bumi yang berada di utara dan selatan setelah wilayah tropis. Wilayah ini dibatasi oleh garis balik utara dan garis balik selatan pada lintang 23,5° utara dan selatan, dan garis pada lintang 40° utara dan selatan.

Myanmar, negara di Asia Tenggara yang letaknya paling utara, adalah satu-satunya negara ASEAN yang memiliki wilayah beriklim sub tropis.

2. Angin yang menimbulkan kerusakan dari puncak gunung teringgi di Filipina adalah…..

b. angin taifun

Taifun (typhoon) adalah fenomena dimana badai dang angin berputar sangat cepat pada wilayah yang luas. Perputaran ini diakibatkan oleh efek Coriolis di atmesfer bumi, yang disebabkan oleh rotasi bumi.

Taifun ini sangat berbahaya karena mengakibatkan kerusakan hingga kematian akibat angin yang sangat kencang, dan banjir akibat curah hujan tinggi.

3. Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dilewati jalur pegunungan muda sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania adalah………………? Indonesia  

Sirkum Mediterania adalah rangkaian jalur pegunungan yang membentang dari Laut Mediterania, diantara Eropa dan Afrika, menuju ke Semenanjung Anatolia (Turki), ke Iran, termasuk pegunungan Himalaya, dan akhirnya menuju ke Asia Tenggara. Di Indoneisa sirkum Mediteran ini termasuk pegunungan Bukit Barisan di Sumatera.

Sementara itu, Sirkum Pasifik adalah rangkaian pegunungan yang mengelilingi Samudera Pasifik. Rangkaian ini membentang dari Chile di Amerika Selatan, hingga Indonesia. Di Indonesia, pegunungan dalam sirkum ini dapat ditemui di kepulauan Maluku.

Kode: 8.8.1

Kelas: VIII

Mata pelajaran: IPS / Geografi

Materi: Bab 1 – Negara-Negara ASEAN

Baca Juga  Tanda untuk menyatakan keras lembutnya lagu disebut

Kata kunci: Subtropis, Sirkum Mediterania dan Pasifik  

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Negara asean yang memiliki iklim subtropis Semoga Membantu.