Perbedaan utama slogan dan poster adalah

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Perbedaan utama slogan dan poster adalah

Kategori Soal : Bahasa Indonesia
Kelas : X (1 SMA)
Pembahasan :
Halo, saya akan menjawab dengan dua cara, yaitu dengan cara pendek untuk jawaban pastinya dan cara panjang untuk jawaban yang disertai penjelasan lengkap.

Jawaban dengan cara singkat
Perbedaan slogan dan poster lebih kepada kontennya. Slogan lebih mengutamakan kata-kata yang atraktif, singkat, dan jelas tanpa gambar atau desain. Poster lebih mengutamakan gambar atau desain disertai dengan warna dan kata-kata yang atraktif, singkat, dan jelas.

Jawaban dengan cara panjang
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
slogan adalah
1. perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.
Contoh : Negara ASEAN berpegang pada slogan untuk tetap hidup berdampingan secara damai.
2. perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya.
Contoh : Usaha peningkatan kesejahteraan rakyat tetap merupakan slogan yang selalu memikat.

Poster adalah plakat
yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).
Contoh poster berdasarkan kontennya, yaitu : poster niaga, kegiatan, pendidikan, layanan masyarakat, dan lain-lain. Kemudian, berdasarkan tujuannya, yaitu : propaganda, kampanye, mencari orang, binatang, atau barang hilang, lowongan pekerjaan, film, artis, komik, afimasi, riset, kelas, komersial, dan lain-lain.

Persamaan slogan dan poster lebih kepada tujuannya, yaitu mengajak atau menghimbau masyarakat untuk melakukan sesuatu yang disebutkan dalam slogan dan poster tersebut.

Perbedaan slogan dan poster lebih kepada kontennya. Slogan lebih mengutamakan kata-kata yang atraktif, singkat, dan jelas tanpa gambar atau desain. Poster lebih mengutamakan gambar atau desain disertai dengan warna dan kata-kata yang atraktif, singkat, dan jelas.

Semangat Belajar! 

Baca Juga  Gambar yang berfungsi sebagai penerangan atau pemberitahuan disebut

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Perbedaan utama slogan dan poster adalah Semoga Membantu.