Bagaimana panas dari nyala api bisa kamu rasakan

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana panas dari nyala api bisa kamu rasakan

Panas dari nyala api bisa kamu rasakan karena panas dari nyala api merambat melalui radiasi ke tubuh kita.

Pembahasan:

Radiasi adalah metode perpindahan panas yang tidak bergantung pada adanya medium (perantara) antara sumber panas dan benda yang dipanaskan, berbeda dengan konduksi dan konveksi. Panas ditransmisikan melalui radiasi elektromagentik.  

Contoh radiasi adalah api yang berjarak jauh tetap bisa terasa panas, meski tubuh kita tidak menyentuhnya. Ini karena panas dari api menyebar melalui radiasi.

Contoh lainnya berupa perpindahan panas dari matahari hingga sampai ke bumi

Radiasi merupakan satu dari tiga cara perpindahan panas, selain konduksi dan konveksi.

Konduksi adalah perpindahan panas yang terjadi melalui medium ketika partikel-partikel zat memanas dan menyebabkan perambatan panas antar zat. Medium pada konduksi tidak ikut berpindah

Contoh konduksi adalah ketika kita memegang cangkir berisi teh atau kopi panas, atau memegang sendok panas, akan ada perpindahan panas hingga ke tangan kita.

Konveksi adalah perpindahan energi panas seiring perpindahan materi medium akibat perbedaan suhu. Hal ini menghasilkan sirkulasi materi yang terus-menerus sampai ada kesetaraan suhu.  

Contoh konveksi adalah angin di atmosfer terjadi ketika udara bergerak dari daerah dingin ke tempat yang lebih hangat. Contoh lain adalah api bergerak ke atas seiring pergerakan udara.

—————————————————————————

Detail Jawaban:  

Kelas: VI

Kode: 6.4.5

Mata pelajaran: IPS

Materi: Hubungan Suhu, Sifat, Hantaran dan Kegunaan Benda

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana panas dari nyala api bisa kamu rasakan Semoga Membantu.