Fabima rahmatin minallahi linta lahum

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Fabima rahmatin minallahi linta lahum

Surah Ali-Imran merupakan surah ke-3 setelah Al-Fatihah dan Al-Baqarah dalam Al-Quran. Surah ini memiliki arti keluarga Imran dan tergolong dalam surah Madaniyah. Berikut kakak ulas pertanyaan yang adik ajukan beserta pertanyaan terkait lainnya.

Tuliskan latin dan terjemahan surat Ali-Imran ayat 159!

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّواا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Fabimaa rahmatin minallahi linta lahum walau kunta fazh-zhan ghaliizhal qalbi laanfadh-dhuu min haulika faa’fu ‘anhum waastaghfir lahum wasyaawirhum fiil amri fa-idzaa ‘azamta fatawakkal ‘alallahi innallaha yuhibbul mutawakkiliin(a)

Artinya : “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (Qs. Ali-Imran : 159)

Sebutkan contoh perilaku dan sikap yang mencerminkan Surah Ali-Imran ayat 159!

Berdasarkan surah Qs. Ali-Imran ayat 159, ada beberapa contoh perilaku yang mencerminkan sikap dari surah ini, antara lain :

1. Tidak merendahkan orang lain.

2. Senantiasa berperilaku santun dan bertutur sopan.

3. Berdakwah atau menyiarkan agama tidak menggunakan paksaan dan kekerasan, melainkan menggunakan keindahan akhlak untuk menarik simpati dan empati manusia ke dalam agama Islam.

4. Tidak bersikap sewenang-wenang kepada orang lain.

5. Senantiasa memaafkan segala kesalahan orang lain seberat apapun itu.

Baca Juga  Lagu yamko rambe yamko berasal dari daerah

6. Merumuskan segala permasalahan dengan cara bermusyawarah untuk kemaslahatan umat yang lebih banyak.

7. Menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya dengan sebaik mungkin.

Semoga jawaban kakak dapat membantu, apabila masih terdapat pertanyaan yang lain, jangan ragu ajukan pertanyaanmu di Brainly ya.

Detail Tambahan

Kelas : VIII

Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kategori : Aqidah

Kata Kunci : Ali-Imran : 159, Terjemahan, Arab, Latin, Perilaku, Sikap, Sehari-hari

Kode : –

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Fabima rahmatin minallahi linta lahum Semoga Membantu.