Tuliskan tiga contoh cara menghemat listrik di sekolah

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tuliskan tiga contoh cara menghemat listrik di sekolah

Jawaban:

Listrik adalah daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan atau melalui proses kimia, dapat digunakan untuk  menghasilkan panas atau cahaya, atau untuk menjalankan mesin.

Cara untuk menghemat listrik di sekolah  adalah dengan mematikan kipas angin atau AC apabila sudah tidak digunakan,  mematikan lampu apabila ruangan cukup penerangan dari sinar matahari langsung, dan lebih mengutamakan penggunaan laptop daripada komputer karna daya pada laptop lebih rendah.

PEMBAHASAN

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang materi Fisika. Untuk menambah pengetahuan adik-adik semua yuk langsung simak pembahasaannya di bawah ini.

Listrik adalah daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan atau melalui proses kimia, dapat digunakan untuk  menghasilkan panas atau cahaya, atau untuk menjalankan mesin.

Pembangkit listrik umumnya menggunakan bahan bakar fosil, dimana fosil sendiri merupakan sumber energi yang tak terbarukan. Artinya, butuh waktu yang sangat lama untuk mendapatkannya. Jadi semakin tinggi konsumsi kita akan listrik sejalan dengan meningkatnya konsumsi bahan bakar fosil. Apabila bahan bakar fosil sudah tidak bisa ditemukan lagi, maka listrik akan sulit didapatkan. Pembakaran fosil juga menghasilkan emisi karbon, ini juga akan mengakibatkan pemanasan global.

Untuk itu perlunya upaya kita menghemat energi listrik. Beberapa upaya yang dapat kita lakukan antara lain :

1.Mematikan segala sumber listrik yang sudah tidak digunakan

Dengan mematikan sumber listrik benda – benda elektronik yang sudah tidak terpakai. Misalkan mematikan TV jika tidak ditonton.

2.Mengurangi penggunaan listrik

Mengurangi penggunaan listrik disini dimaksudkan dengan mengganti benda elektronik dengan daya yang lebih rendah tapi tentu dengan kualitas yang baik.

Baca Juga  Teknik perancangan instalasi listrik bertujuan untuk

3.Menggunakan pencahayaan alami

Menggunakan  pencahayaan alami artinya mengurangi penggunaan lampu, bisa dilakukan dengan memanfaatkan sinar matahari langsung.

Demikian pembahasan ini, semoga membantu adik-adik semua lebih memahami materi.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Adik-adik semua pasti masih ingin belajar lebih lagi tentang materi Fisika kan? Yuk adik-adik cek link di bawah ini. Semoga dapat membantu adik-adik dalam belajar.

DETAIL JAWABAN

Kelas : 8

Mapel : Fisika

Bab : Bab 8 – Listrik

Kode : 8.6.2008

Kata kunci : Hemat listrik, bahan bakar fosil, pemanasan global.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tuliskan tiga contoh cara menghemat listrik di sekolah Semoga Membantu.