Sebutkan bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani

Macam-macam bentuk latihan kebugaran jasmani diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Kekuatan (Strenght) : Kekuatan yang dimaksud yaitu ialah merupakan kondisi fisik yang berhubungan dengan keahlian penggunaan otot yang dimana ketika diberi beban untuk melakukan suatu pekerjaan. Ketika ingin mendapatkan otot yang berisi, maka hal yang harus dilakukan ialah mengerjakan angkat berat yang dilakukan secara teratur dan konsisten.
  • Daya Tahan (Endurance) : Daya tahan yang dimaksud yaitu ialah merupakan kemampuan manusia dalam menggunakan organ tubuhnya, misalnya paru-paru, jantung, dan sebagainya dengan benar dan efisien untuk menjalankan beragam aktivitas.
  • Daya Otot (Muscular Power) : Daya otot yang dimaksud yaitu ialah merupakan kemampuan dari setiap individu dalam menggunakan energi semaksimal mungkin dengan menggunakan tenggat waktu yang sesingkat-singkatnya. Daya otot terkait dengan cara anaerobik pada pengerjaan pemenuhan keperluan daya.
  • Kecepatan (Speed) : Kecepatan yang dimaksud yaitu ialah merupakan keahlian individu saat melaksanakan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Keahlian ini sangat diperlukan ketika olahraga yang memerlukan kecepatan, misalnya lari sprint 100 dan 200 meter. Kekuatan bagian tungkai juga benar-benar berdampak saat melatih kecepatan gerak fisik manusia.
  • Kelenturan (Flexibility) : Kelenturan yang dimaksud yaitu ialah merupakan seberapa baik tubuh seseorang dalam membuat tubuhnya bisa menyesuaikan dengan kegiatan atau gerakan yang sangat memerlukan kelenturan tubuh.  
  • Kelincahan (Agility) : Kelincahan yang dimaksud yaitu ialah merupakan keahlian manusia saat menyesuaikan diri dengan segala bentuk posisi badan misalnya bergerak dari depan ke belakang, maupun dari kanan ke kiri. Berbagai macam cabang olahraga yang mengandalkan kelincahan salah satunya adalah sepak bola dan bulu tangkis.
  • Koordinasi (Coordination) : Koordinasi yang dimaksud ialah merupakan kemampuanmanusia dalam memadukan berbagai gerakan-gerakan badan yang berbeda-beda ke dalam satu gerakan yang pantas dengan yang dituju. Kecakapan koordinasi seseorang dapat dilatih dengan cara memantulkan objek ke dinding memakai kanan kemudian menangkapnya kembali menggunakan tangan yang kiri.
  • Keseimbangan (Balance) : Keseimbangan yang dimaksud ialah merupakan kemampuan dalam mengatur sarat otot dan organ sehingga kita dapat mengontrol gerakan fisik dengan baik dan sehat. Latihan-latihan kebugaran jasmani yang bisa bermanfaat dalam mengasah keseimbangan tubuh diantaranya ialah berlatih sikap lilin, bergerak diatas balok kayu, dan melakukan handstand dengan tangan sebagai tumpuannya.
  • Keakuratan (Accuracy) : Keakuratan yang dimaksud ialah merupakan kemampuan saat menyusun gerajab sesuai pada target. Olahraga bola bowling dan memanah ialah merupakan contoh bidang permainan yang mengandalkan kecermatan.
  • Reaksi (Reaction) : Reaksi yang dimaksud ialah merupakan kemampuan seseorang dalam merespon rangsangan dari diri sendiri atau rangsangan yang bermula dari seseorang. Jenis kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka melatih kemampuan refleks yaitu dengan menjalankan lempar tangkap bola.

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Baca Juga  Perubahan energi apakah yang terjadi pada tubuh kita jelaskan

 

Detil jawaban

Kelas:  6

Mapel:  Penjaskes

Bab:  Bab 2 – Kebugaran Jasmani

Kode:  6.22.2

Kata Kunci:  kebugaran jasmani, olahraga, kesehatan

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani Semoga Membantu.