Mengapa bangsa indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Mengapa bangsa indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya

Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, rakyat Indonesia harus berjuang lagi agar kemerdekaan yang telah dicapai dihormati oleh bangsa lain. Perjuangan rakyat Indonesia dilakukan dengan dua cara, yakni perlawanan fisik dan diplomasi. Perlawanan fisik dilakukan dengan kontak senjata. Sedangkan perjuangan dengan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan.

Pembahasan

Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya?

Bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya karena banyak pihak asing yang tidak menghormati kedaulatan bangsa Indonesia. Pihak asing tersebut adalah Belanda, Inggris, dan Jepang.

Jawaban dari pertanyaan di atas dapat ditemukan pada teks “Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan” buku tema 7 kelas V halaman 130-132 paragraf 3.

Kedatangan Inggris yang ternyata juga diboncengi tentara sipil Belanda yang disebut NICA ditentang oleh rakyat dan pemerintah Indonesia. Mereka tidak menghormati kedaulatan bangsa Indonesia. Perlawanan rakyat terjadi di mana-mana. Perjuangan rakyat dalam rangka  mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan dua cara, yakni perlawanan fisik dan diplomasi. Perlawanan fisik dilakukan dengan kontak senjata. Adapun perjuangan dengan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan. Perlawanan fisik dilakukan di berbagai daerah, antara lain sebagai berikut.

Pelajari lebih lanjut

———————————

Detail Jawaban

Kelas: V

Mapel: IPS

Bab: Peristiwa dalam Kehidupan (tema 7)

Kode: 5.10.7

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa bangsa indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya Semoga Membantu.

Baca Juga  Salah satu cara untuk menghindari pergaulan bebas secara preventif adalah