Sebutkan macam macam servis dalam permainan bola voli

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan macam macam servis dalam permainan bola voli

3 Macam Servis dalam permainan Bola Voli adalah

• Servis Bawah

• Servis Mengapung (Floating overhand service) atau busa juga disebut Ssrvis Atas

• Servis Overhand round-house service atau bisa juga disebut Servis Menyamping

Selain ketiga itu, masih ada 1 macam servis lagi, yaitu

• Jumping Servis

Pembahasan

Pengertian Servis

Servis adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah servis, langsung ke lapangan lawan. Keberhasilan suatu servis tergantung pada kecepatan bola, jalan dan perputaran bola dan penempatan bola ke tempat kosong pada lapangan pemain lawan.

Jenis-jenis Servis Pada Permainan Bola Voli

   1. Servis bawah

       Cara melakukan servis bawah adalah dengan berdiri di belakang garis belakang lapangan. Bola dipegang  dengan tangan kiri lalu dipukul oleh tangan kanan. Pada saat memukul bola, tangan kanan harus dikepal, agar oukulan menjadi kuat. Bola dipukul pada saat bola sudah mencapai sejajar dengan pinggang. Setelah memukul bola, pemain langsung masuk kembali ke lapangan.

   2. Servis mengapung (Floating overhand service)

        Sesuai dengan namanya, jenis Servis ini  adalah jenis servis dimana jalannya bola dari hasil pukulan servis itu tidak mengandung putaran tetapi bola berjalan mengapung atau mengambang.

Seperti biasa, cara melakukan servis ini adalah dengan berdiri di daerah servis (belakang garis batas lapangan) menghadap ke lapangan (depan). Kaki kiri di depan dan kaki kanan diletakan belakang. Bola dilambungkan di depan atas lebih tinggi dari kepala oleh tangan kiri, lalu tangan kanan segera memukul bola pada bagian tengah belakang dengan kuat.

Baca Juga  Pengertian komposisi dalam seni rupa adalah

    3. Overhand round-house service

       Tidak seperti yang lainnya, servis ini dilakukan dengan cara berdiri menyampingi net, posisi kedua kaki sejajar, tangan kiri memegang bola di depan badan, tangan kanan yang akan memukul bola mengepal. Langkahkan kaki kiri ke samping, lambungkan bola di depan pundak kiri, kemudian ayunkan lengan kanan dengan gerakan melingkar ke arah bola sambil memindahkan berat badan ke kaki kiri. Servis ini bisa dibilang cukup sulit untuk praktikan karena ada banyak kombinasi gerakan yang harus dilakukan.

    4. Jumping service

      Akhirnya sampai juga pada jenis servis keempat. Servis ini dilakukan dsngan cara berdiri di daerah servis dekat garis belakang menghadap ke net. Kedua tangan memegang bola. Lambungkan bola setinggi lebih kurang 3 meter agak di depan badan. Kemudian badan merendah dengan menekuk lutut untuk awalan meloncat (melompat) setinggi yang bisa dilakukan, lalu  bola dipukul setinggi-tingginya atau sama seperti gerakan smash. lecutkan pergelangan tangan secepat-cepatnya, sehingga menghasilkan pukulan topspin yang tinggi agar bola dapat meluncur secepat mungkin turun ke daerah lapangan lawan sehingga dapat mencetak poin.

Pelajari lebih lanjut

  1. Pengertian permainan bola voli – https:/brainly.co.id/tugas/3777581
  2. Fungsi dan tugas pemain bola voli – brainly.co.id/tugas/5177735  
  3. Wawasan tentang bola voli – brainly.co.id/tugas/7481111  

Detil Jawaban:

Kelas: IX SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: 2 – Permainan Bola Voli

Kode Soal: 22

Kode Kategorisasi: 9.22.2

Kata Kunci: Teknik Servis pada Bola Voli

#OptiTeamCompetition

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan macam macam servis dalam permainan bola voli Semoga Membantu.