Sikap start renang gaya dada adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sikap start renang gaya dada adalah

1. Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arahluar sementara kedua belah tangandiluruskan di depan.

2. Ambil sikap start dengan berdiri di bak tempat melakukan start. Kedua ujung jari dikaitkan pada bibir balok start. Lakukan sikap membungkuk dengan kedua lengan berada lurus ke belakang, dan pandangan mata diluruskan ke depan.Bungkukkan tubuh mendekati air dengan sikap lengan diayunkan ke belakang.Ayunkan lengan bergerak ke depan sehingga tubuh terdorong majuDengan dorongan ayunan itu, tubuh condong  ke permukaan airSikap tubuh yang akan jatuh dibantu tumpuan telapak kaki, dan badan mulai lepas landasSaat tubuh melayang lengan dan kaki diusahakan dengan sikap yang lurusSikap tubuh yang lurus ketika masuk permukaan air.

3. Teknik pembalikan renang gaya dada adalah sebagai berikut:
Kedua lengan menyentuh dinding, serentak, dan sama tinggi.Lepaskan satu tangan dari dinding, pantat dan kaki yang sudah ditekuk diputarKedua tangan lepas dari dinding, dan kedua kaki menolak dari dindingSetelah mendorong, kepala ada diantara kedua lengan dan perenang tenggelam di bawah permukaan air.Setelah tarikan tangan, mulai dengan lengan-lengan yang hampir lurus dan menarik langsung ke samping dalam suatu garis yang sejajar dengan permukaan air.Lengan-lengan mulai menekuk pada siku-siku ketika tangan agak menurun, lengan dan siku hampir setinggi bahu.Siku menekuk ketika kedua tangan saling mendekat, kepala merendah dalam air agar badan tidak naik ke permukaan.Kedua tangan hampir saling bersentuhan ketika tekukan siku melebihi 90 derajat. Setelah itu , kedua tangan bergerak agak mempercepat kea rah belakang dengan suatu gerakan yang serupa sabetan ketika siku-siku diluruskan.Kedua siku hampir lurus sepenuhnya dan perenang siap untuk mendorong air langsung ke atas dengan menggunakan telapak tangan.

Baca Juga  Keseimbangan tubuh dalam posisi diam disebut

4. 1. Sikap permulaan, berdiri di tepi kolam menghadap ke arah kolam, kemudian kedua kaki dikaitkan di dinding kolam hingga posisi tubuh telungkup.

2. Posisi kedua, tangan lurus ke depan dengan lengan menempel di telinga.

3. Kedua tangan ditarik ke belakang dengan siku tangan ditekuk. Setelah sampai di samping tubuh kedua tangan diputar ke depan dada kemudian tangan kembali ke posisi lurus ke depan.

4. Gerakan ini dilakukan berulang kali hingga menguasai teknik dasar renang gaya dada dengan baik dan benar.

5. Pada nomor gaya ganti perorangan, seorang perenang memakai keempat gaya secara bergantian untuk satu putaran, dengan urutan: gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, dan gaya bebas. Pada nomor renang gaya ganti perorangan 100 m, perlombaan diadakan di kolam renang lintasan pendek 25 m.

Pada nomor 4 x 100 m gaya ganti estafet, satu regu diwakili empat orang perenang yang masing-masing berenang 100 m. Perenang pertama memulai dengan renang gaya punggung, dilanjutkan perenang gaya dada, perenang gaya kupu-kupu, dan diakhiri oleh perenang gaya bebas.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sikap start renang gaya dada adalah Semoga Membantu.