Air di permukaan bumi mengalami penguapan karena mendapat

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Air di permukaan bumi mengalami penguapan karena mendapat

Air di permukaan bumi mengalami penguapan karena menerima panas dari cahaya matahari. Panas ini akan mengakibatkan suhu tinggi di lingkungan. Dari suhu yang tinggi di lingkungan akan terjadi penguapan. Penguapan yang dilakukan oleh tumbuhan disebut transpirasi. Adapun penguapan selain dari makhluk hidup disebut evaporasi.

Pembahasan

Daur air dapat menjaga kondisi air di bumi karena terjadi secara terus-menerus dan berkesinambungan. Melalui daur air, air kotor dapat digunakan kembali. Walaupun terdapat perubahan dengan iklim maupun cuaca, namun melalui siklus hidrologi jumlah air di bumi akan tetap hanya mengalami perubahan wujud dan tempat. Siklus air tidak pernah berhenti dari lapisan atmosfer turun ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer melalui tahapan-tahapannya.

Mekanisme daur air sebagai berikut:

  1. Pada suhu tinggi, air di bumi dan dalam tubuh makhluk hidup mengalami penguapan (yaitu evaporasi dan transpirasi) membentuk awan.
  2. Adapun transpirasi adalah proses penguapan yang dilakukan oleh tumbuhan melalui stomata, sedangkan evaporasi adalah penguapan yang bukan dari makhluk hidup.
  3. Terjadilah kondensasasi uap air menjadi titik-titik air hujan akibat pengaruh suhu yang rendah.
  4. Air hujan yang turun ke bumi meresap ke dalam tanah (presipitasi atau pengendapan), sebagian dimanfaatkan makhluk hidup dan sebagian menuju laut yang akan mengalami penguapan kembali sehingga siklus air akan berulang.

Air yang mengalami pengendapan di bumi akar keluar kembali ke permukaan tanah seperti melalui sumur, sungai, dan danau. Hujan yang terjadi pada tempat-tempat tersebut dapat menambah volume air. Adapun air yang terdapat di dalam tanah dapat berperan sebagai cadangan air atau sumber air atau air tanah.

Baca Juga  Tujuan perdagangan antar pulau adalah

Selain daur air, terdapat pula daur karbon dan oksigen yang tidak kalah penting dalam mendukung kehidupan manusia. Daur ini berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan oleh tumbuhan yaitu fotosintesis dan respirasi yang dilakukan oleh manusia. Di alam juga terjadi daur nitrogen, sulfur/belerang, dan fosfor.

Mekanisme daur karbon dan oksigen yaitu:

  1. CO₂ dari atmosfer diserap tumbuhan untuk fotosintesis yang menghasilkan amilum dan O₂, kemudian O₂ akan dilepaskan ke atmosfer.
  2. O₂ yang dilepaskan ke atmosfer digunakan oleh semua organisme aerobik untuk respirasi.  
  3. Hasil dari respirasi berupa CO₂ dan H₂O yang akan dilepaskan kembali ke atmosfer dan diserap kembali oleh tumbuhan, dan begitu seterusnya.
  4. Daur karbon dan oksigen terjadi secara beriringan.

Walaupun daur air menjaga jumlah air di bumi tetap, namun ada kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya yaitu:

  1. Penebangan dan pembakaran hutan sehingga mempengaruhi tanah dalam perannya menyimpan air.
  2. Penutupan tanah dengan beton atau aspal yang berakibat saat hujan air tidak dapat meresap ke dalam tanah dan mengakibatkan banjir.
  3. Pembagunan gedung-gedung yang mengakibatkan berkurangya daerah peresapan air.

Air yang selalu tersedia di alam akan lebih bijak jika digunakan tanpa adanya sikap boros. Pengematan air perlu dilakukan guna kebermanfaatan bersama. Upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat pemakaian air antara lain:

  1. Mematikan dan menutup keran air setelah seslesai digunakan.
  2. Memanfaatkan air bekas wudhu, cucian beras atau sayur untuk menyiram tanaman.
  3. Tidak mencuci kendaraan setiap hari dan berlebih-lebihan.
  4. Menggunakan air seperlunya untuk keperluan apapun.

Detil jawaban

Kelas: 5 SD

Mapel: Biologi

Bab: Daur AIr

Kode:

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Air di permukaan bumi mengalami penguapan karena mendapat Semoga Membantu.