Mengapa kita harus berperilaku toleransi

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa kita harus berperilaku toleransi

           Alasan mengapa kita harus berperilaku toleransi adalah, karena berperilaku toleransi telah diatur dalam Al-Quran serta diwajibkan kepada setiap insan manusia. Selain itu toleransi merupakan salah satu dasar kehidupan yang sangat penting.  

Pembahasan

           Pertanyaan yang adik ajukan terdapat dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Bab 11 – Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa, Halaman 198. Berikut penjelasannya :

1.Mengapa kita harus berperilaku toleransi?

Jawab :  

           Alasan mengapa kita harus berperilaku toleransi, sebab berperilaku toleransi telah diatur dalam Al-Quran serta diwajibkan kepada setiap insan manusia. Selain itu toleransi merupakan salah satu dasar kehidupan yang sangat penting.  

           Tanpa adanya sikap toleransi, selain tidak menciptakan kerukunan, keharmonisan, serta keseimbangan dalam hidup, tidak adanya sikap toleransi juga dapat menghantarkan bangsa Indonesia menuju perpecahan bangsa.  

2.Jelaskan isi Q.S. al-Māidah/5: 32!

Jawab :  

           Isi kandungan Qs. Al-Ma’idah ayat 32 adalah, bahwa kita sebagai manusia dilarang membunuh manusia lainnya, selain itu kita juga dilarang untuk membuat kerusakan dimuka bumi. Perilaku yang seharusnya kita lakukan adalah saling menyayangi serta menjaga kelestarian lingkungan kita.

3.Kemukakan pendapatmu jika ada pemimpin yang membiarkan adanya intoleransi!

Jawab :  

           Jelas hal ini sangat bertentangan dengan ajaran Agama Islam serta Landasan Dasar bernegara Indonesia, saya pribadi tentu akan mengecam keras akan tindakan yang dilakukan pemimpin tersebut. Seharusnya pemimpin menciptakan keamanan dan kenyamanan kepada setiap individu masyarakatnya selama tidak bertentangan dengan hukum Allah.  

Baca Juga  Berikut merupakan sudut sudut yang terdapat pada penggaris segitiga kecuali

4.Sebutkan hadis yang menjelaskan pentingnya sikap toleransi!

Jawab :  

           أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا سَمْحًا إِذَا بَاعَ وَإِذَا اشْتَرَى وَإِذَا اقْتَضَى.

           Artinya: Bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: “Allah merahmati orang yang memudahkan ketika menjual dan ketika membeli, dan ketika memutuskan perkara”

5.Mengapa kita dianjurkan untuk berkompetisi dalam kebaikan?

Jawab :  

           Sebab, dengan kita berkompetisi dalam kebaikan / fastabiqul khairat, hal tersebut memacu kita untuk senantiasa selalu berbuat kebaikan karena kita ingin menang. Tanpa disadari, hal ini mampu menjadikan kita menjadi manusia yang lebih bertakwa.

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Toleransi menurut agama Islam, baca di brainly.co.id/tugas/5109870
  2. Isi Kandungan Qs. Al-Maidah ayat 32, baca di brainly.co.id/tugas/683121
  3. Contoh perilaku yang sesuai dengan Qs. Al-Ma’idah : 32 beserta hadits terkait, baca di brainly.co.id/tugas/1788913  

Detail Jawaban

Kelas         : X

Mapel         : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Bab            : Kelas 10 Agama Bab 11 – Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Kode          : 10.14.11

Kata Kunci : Toleransi, Qs. Al-Maidah Ayat 32, Dalil Toleransi, Alasan Harus bertoleransi, Toleransi menurut Agama Islam.  

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa kita harus berperilaku toleransi Semoga Membantu.