Peristiwa berikut yang berhubungan dengan hukum 1 newton adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Peristiwa berikut yang berhubungan dengan hukum 1 newton adalah

Peristiwa yang berhubungan dengan hukum 1 Newton Berikut ini adalah ..

d. ketika mobil digas badan kita terdorong ke belakang.

Pembahasan:

Hukum Newton I menyatakan bahwa suatu benda bersifat lembam atau mempertahankan kondisinya, yaitu akan tetap diam atau bergerak dengan kecepatan dan arah tetap, kecuali dikenakan gaya eksternal.  

Bila tidak ada gaya, maka sesuai Hukum Newton I, maka benda akan tetap pada kondisi awalnya. Benda yang memiliki gaya bekerja nol, akan memiliki dua kemungkinan yaitu:

  • Diam di tempat, karena tidak ada percepatan atau perlambatan yang menjadikannya bergerak    
  • Melaju dengan kecepatan (v) tetap (atau konstan), karena tidak ada percepatan atau perlambatan yang membuatnya berubah arah atau merubah kecepatan.

Pada contoh soal ini, awalnya penumpang awalnya diam sama dengan kecepatan mobil. Ketika kecepatan ini ditingkatkan dan mobil bergerak, maka penumpang dalam keadaan lembam akan tetap memiliki kecepatan awal, dan akibatnya bergerak terdorong ke belakang mobil.

Karena itu, dalam menjalankan kendaraan sebaiknya perlahan, agar perubahan kecepatan tidak terlalu besar, dan tidak menyebabkan penumpang bergerak ke belakang tiba-tiba. Penumpang juga disarankan untuk menggunakan sabuk pengaman.

———————————————————————————-

Detail Jawaban:  

Kode: 8.6.1  

Kelas: VIII  

Mata Pelajaran: Fisika      

Materi: Bab 1 – Gerak  

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Peristiwa berikut yang berhubungan dengan hukum 1 newton adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Renang gaya dada disebut juga dengan gaya