Dibawah ini yang bukan merupakan hubungan simbiosis adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Dibawah ini yang bukan merupakan hubungan simbiosis adalah

Berikut ini yang bukan merupakan hubungan simbiosis adalah komunitas (A). Simbiosis adalah hubungan antar makhluk hidup yang tidak dapat terpisah satu sama lain.

Pembahasan

Interaksi merupakan hubungan antar dua komponen yang bisa saja saling menguntungkan, merugikan ataupun tidak keduanya. Interaksi dapat terjadi antara komponen hidup (biotik) dengan komponen biotik dan komponen biotik dengan komponen abiotik (benda mati)

Simbiosis, kompetisi, dan predasi merupakan bentuk interaksi antar komponen makhluk hidup.

Simbiosis merupakan interaksi antar organisme yang hidup berdampingan. Terdapat beberapa bentuk simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme, amensalisme, dan parasitisme.

1. Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan interaksi antara dua organisme yang saling menguntungkan. Simbiosis mutualisme disebut juga simbiosis obligat. Contoh simbiosis mutualisme adalah:

  • Ikan badut dengan anemon.
  • Ganggang dengan jamir membentuk lumut kerak (lichen).
  • Bakteri Rhizobium dengan akar kacang-kacangan.

2. Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan interaksi antar organisme yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lainnya.

Contohnya adalah:

  • Ikan hiu dengan ikan remora.
  • Tumbuham paku tanduk rusa dengan pohon mangga.

3. Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme merupakan interaksi antar organisme yang memberikan keuntungan salah satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Pihak yang diuntungkan dinamakan parasit, sedangkan pihak yang dirugikan dinamakan inang atau hospes.

Contohnya adalah:

  • Benalu dengan pohon jambu.
  • Tumbuhan tali putri dengan tanaman teh-tehan.

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Biologi

Bab: Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kode: 7.4.8

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Dibawah ini yang bukan merupakan hubungan simbiosis adalah Semoga Membantu.