Contoh konveksi dalam kehidupan sehari hari

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh konveksi dalam kehidupan sehari hari

Berikut contoh-contoh peristiwa perpindahan panas secara konveksi di kehidupan sehari-hari. Ambillah 3 contoh sesuai permintaan di soal.

  1. Pada secangkir teh hangat, adanya uap menunjukkan panas sedang ditransfer ke udara.  
  2. Pada peristiwa merebus air hingga mendidih, mula-mula panas mengalir dari kompor ke panci secara konduksi dan memanaskan air di bagian bawah. Kemudian, air panas ini naik dan air yang lebih dingin bergerak turun untuk menggantikannya, terjadilah gerakan siklus berputar secara konveksi.  
  3. Saat es melebur, terjadi perubahan wujud dari padat menjadi cair karena panas berpindah dari udara menuju es.
  4. Proses terjadinya angin darat dan angin laut. Pada malam hari, tekanan udara di daratan lebih tinggi dibandingkan di laut sehingga udara bergerak dari darat ke laut. Hal ini dimanfaatkan oleh nelayan untuk pergi melaut. Pada siang hari, tekanan udara di laut lebih tinggi dibandingkan di daratan sehingga udara bergerak dari laut ke darat. Hal ini dimanfaatkan para nelayan untuk pulang kembali.  
  5. Pada sebuah radiator kendaraan yang sedang bekerja, udara hangat mengalir di bagian atas dan menarik udara dingin di bagian bawah.  
  6. Sirkulasi samudera, air hangat di sekitar khatulistiwa bersirkulasi menuju kutub dan air dingin di kutub bergerak ke arah khatulistiwa.  
  7. Saat terjadi suatu ledakan, partikel-partikel udara bergerak secara paksa sehingga menimbulkan gelombang kejut (shock wave) yang berbahaya.  
  8. Balon udara panas, pemanas di dalam balon memanaskan udara sehingga udara bergerak ke atas. Hal ini menyebabkan balon naik karena udara panas terperangkap di dalamnya. Ketika ingin turun, udara panas dilepaskan dan udara sejuk mengalir, menyebabkan balon turun.  
  9. Perbedaan kerapatan udara antara udara di dalam dan udara di luar ruangan serta perbedaan ketinggian menyebabkan terjadinya pergerakan udara masuk dan keluar gedung atau cerobong asap suatu pabrik.  
  10. Bagian lapisan batuan Bumi yang disebut mantel bergerak perlahan karena arus konveksi yang memindahkan panas dari bagian dalam Bumi ke permukaan. Hal ini menjadi penyebab lempeng tektonik bergerak secara bertahap di sekitar Bumi.  

Pembahasan  

Perpindahan kalor dapat terjadi secara konduksi, konveksi, dan radiasi.

  • Konduksi adalah perpindahan kalor melalui zat padat tanpa adanya perpindahan partikel-partikel zat padat. Kalor atau panas mengalir dari keadaan yang bersuhu lebih tinggi menuju ke suhu yang lebih rendah, ketika terjadi kontak atau persentuhan.  
  • Konveksi adalah perpindahan kalor melalui zat cair atau gas dengan adanya aliran perpindahan partikel-partikelnya. Ketika partikel-partikel dipanaskan, suhunya meningkat dan jarak antarpartikel saling menjauh. Karena gerakan inilah terjadi perpindahan panas.  
  • Radiasi adalah adalah perpindahan kalor tanpa melalui medium zat perantara, biasanya disertai cahaya. Radiasi tak dapat dilihat, hanya dapat dirasakan.  
Baca Juga  Surah an nasr termasuk golongan surah

Pelajari lebih lanjut  

  1. Contoh peristiwa konduksi dan radiasi brainly.co.id/tugas/5195834
  2. Pengertian konduksi, konveksi, dan radiasi secara mendalam brainly.co.id/tugas/2599085  
  3. 10 soal pilihan ganda tentang perpindahan kalor brainly.co.id/tugas/1135634  

————————-

Detil jawaban  

Kelas        : XI  

Mapel       : Fisika  

Bab           : Suhu dan Kalor  

Kode         : 11.6.5  

Kata Kunci : berilah contoh, peristiwa, konveksi, perpindahan panas, kalor, secara, konduksi, radiasi, yang, terjadi di sekitar kita, dalam, kehidupan sehari-hari, brainly  

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh konveksi dalam kehidupan sehari hari Semoga Membantu.