Penyebab utama indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi adalah

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Penyebab utama indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi adalah

1. Penyebab utama Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi adalah…

a. terletak di antara dua benua dan dia samudera  

Pembahasan:

Keanekaragaman ini dipengaruhi lokasi Indonesia yang terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudera (Samudera Hindia dan Pasifik),  sehingga memiliki flora dan fauna yang dipengaruhi benua Asia dan Australia.  

Di bagian Indonesia barat (Sumater, Jawa, Bali, Kalimantan), binatang dan tumbuhan sangat dipengaruhi oleh benua Asia. Binatang yang dominan adalah binatang mamalia besar yang juga ditemui di Asia seperti harimau, gajah, badak, binatang memamah biak seperi banteng dan kerbau, serta primata seperti kera, lutung dan makaka.

Di bagian timur, pengaruh yang terasa adalah pengaruh benua Australia dan ini paling terasa di pulau Papua dan pulau kecil sekitarnya. Di sini, kita bisa menemukan hewan mamalia bekantong atau marsupalia yang merupakan binatang khas Australia. Misalnya adalah kanguru pohon, kuskus dan bandikot. Hal ini terjadi karena Papua dan Australia merupakan bagian dari satu lempeng benua Australia. Sehingga binatang yang berevolusi di Australia juga terdapat kerabatnya di Papua.


2. Unsur-unsur yang memengaruhi persebaran flora dan fauna adalah…

e. tanah dan iklim

Pembahasan:  

Tanah berpengaruh terhada kesubiran dan zat hara yang digunakan oleh tanaman. Sementara iklim mementukan suhu dan sinar matahari yang diperlukan tanaman untuk tumbuh.  

Wilayah beriklim Tropis seperti Asia Tenggara memiliki curah huajn tinggi dan sinar matahari sepanjang tahun. Ini membuat pertanian bisa berkembang pesat, karena tanaman dapat ditanam sepanjang tahun.  

Baca Juga  Komputer yang berukuran sangat besar biasanya disebut dengan

Ini berbeda dengan wilayah beriklim Subtropis yang bercurah hujan rendah sehingga memiliki banyak gurun pasir, atau wilayah iklim sedang yang memiliki musim dingin yang membuat tanaman susah berkembang.  

Pelajari lebih lanjut    

Jelaskan dampak pengaruh letak geografis di Indonesia!

————————————————————————————-

Detail Jawaban  

Kode: 11.8.2

Kelas: XI

Mata Pelajaran: IPS/Geografi

Materi: Bab 2 – Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia

Kata Kunci: Letak Indonesia

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Penyebab utama indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi adalah Semoga Membantu.