Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan pada gambar tersebut adalah

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan pada gambar tersebut adalah

Jawaban:

1.Garam

Garam adalah salah satu bahan dapur yang wajib dipakai dalam memasak. Garam mengandung yodium, yang sangat baik dalam mencegah kanker, serta menghilangkan jerawat. Garam berasal dari air laut yang mengering, dan menyisakan hanya butiran- butiran kristal garam. Dalam proses pembuatan, dapat dilakukan secara tradtional, dengan manfaatkan tenaga matahari dan api. Atau dengan cara yang lebih moderen dengan memanfaatkan mesin. Madura adalah pulau di Indonesia yang menghasilkan garam dengan kualitas baik. Hanya saja, karena masih memakai cara traditional, maka produksi yang dihasilkan sangat sedikit.

2.Ikan      

Ikan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di laut. Ikan adalah salah satu sumber protein bagi manusia. Ikan tergolong sumber daya yang dapat diperbaharui, karena mampu berkembang biak. Akan tetapi, akibat dari perburuan yang tidak melihat aspek keseimbangan ekosistem, banyak hewan- hewan laut yang mulai terancam punah (Baca: Gangguan Keseimbangan Lingkungan Oleh Alam dan Eksploitasi). Salah satunya adalah ikan terbang, yang telurnya di anggap sebagai makanan mewah dengan nama caviar. Selain itu, mamalia laut seperti ikan paus juga terancam punah, akibat perburuan yang sembarangan.

3.Tumbuhan

Walaupun laut adalah daerah dengan 100% air di dalamnya, akan tetapi laut juga memiliki tumbuhan hidup yang berfungsi sebagai tempat tinggal ikan- ikan. Bukan hanya sebagai tempat tinggal ikan, tumbuhan laut juga memiliki fungsi yang sangat banyak bagi manusia. Tumbuhan laut seperti rumput laut, memiliki kadar serat yang tinggi, yang dapat membatu manusia dengan masalah pencernaan. Rumput laut juga dipakai sebagai bahan baku pembuatan kapsul untuk obat. Selain rumput laut, terumbu karang juga merupakan jenis tumbuhan dilaut.

Baca Juga  Penjelmaan persatuan bangsa dan negara indonesia tersebut disimpulkan dalam

4.Terumbu Karang

Terumbu karang adalah salah satu dari tumbuhan laut. Terumbu karang biasa hidup pada perairan laut dangkal. Beberapa terumbu karang dianggap sebagai indikator kebersihan laut. Selain itu, terumbu karang mampu menghasilkan oksigen yang berasal dari fotosintesis. Terumbu karang memiliki banyak jenis. Setiap terumbu karang dapat menjadi rumah bagi ikan- ikan. Dengan adanya terumbu karang, laut menjadi indah, dan dapat menjadi tempat wisata bagi manusia (Baca: Fungsi Ekosistem Terumbu Karang bagi Manusia dan Biota Laut).

5.Fosfat

Fosfat adalah tulang- belulang ikan yang telah mati. Tulang belulang ikan yang mati, dikumpulkan dan dihancurkan. Tulang belulang ikan yang mengandung fosfat ini, dapat dipakai dipakai sebagai pupuk organik.

makasih

Penjelasan:

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan pada gambar tersebut adalah Semoga Membantu.