Keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia merupakan

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia merupakan

Pendahuluan

Pengertian Keberagaman

Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Keberagaman berarti memahami bahwa setiap individu itu unik, dan mengakui perbedaan individu lainnya.

Keberagaman adalah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Keberagaman tersebut merupakan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia. Adanya keberagaman di Indonesia menjadi modal persatuan dan kesatuan bangsa.

Faktor Penyebab Keberadaan di

Indonesia

Kehidupan masyarakat di Indonesia yang sangat beragam disebabkan beberapa faktor penyebab antara lain:

  • Letak strategis wilayah Indonesia
  • Kondisi negara kepulauan
  • Perbedaan kondisi alam
  • Keadaan transportasi dan kumunikasi
  • Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

Unsur-Unsur Keberagaman

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur keragaman dalam masyarakat, terdiri atas:

Suku bangsa yang menempati wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke sangat beragam, sedangkan perbedaan ras muncul karena adanya pengelompokan besar manusia yang memiliki ciri-ciri biologis lahirlah yang sama seperti rambut, warna kulit, ukuran tubuh, mata, ukuran kepala dan lain sebagainya.

Agama merupakan sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan atau juga disebut nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.

Ideologi ialah kumpulan ide atau gagasan. Tujuan ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi ialah sistem pemikiran abstrak “tidak hanya sekedar pembentukan ide” yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik.

Tatakrama yang dianggap arti bahasa jawa yang berarti “adat sopan santun, basa basi” pada dasarnya ialah segalan tindakan, perilaku, adat istiadat, tegur sapa, ucap dan cakap sesuai kaidah atau norma tertentu.

  • Kesenjangan Ekonomi dan Sosial
Baca Juga  Komik yang disajikan pada media internet disebut komik

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang manjemuk dengan bermacam tingkat, pangkat dan strata sosial. Kesenjangan ekonomi antara masyarakat level atas dan bawah yang cukup lebar. Hal ini menjadi salah satu sumber konflik dan mudah sekali tersulut di masyarakat .

Pembahasan

Soal

Keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan … bangsa Indonesia

Penyelesaian

Keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan bangsa Indonesia.

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia merupakan Semoga Membantu.