Pki dinyatakan sebagai partai terlarang sebab

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Pki dinyatakan sebagai partai terlarang sebab

Pki dinyatakan sebagai partai terlarang karena .. melakukan penculikan para jenderal dalam Peristiwa 30 September

Pembahasan:  

Peristiwa 30 September adalah penculikan dan pembunuhan para jenderal dan perwira Angkatan Darat yang terjadi pada 30 September dan dini hari dini hari 1 Oktober 1965. Peristiwa ini diduga didalangi Biro Khusus PKI, dan melibatkan oknum prajurit dari Cakrabirawa (pasukan pengawal Presiden) yang dipimpin oleh Letkol Untung Syamsuri.  

Pada tahun 1965, Indonesia berada dalam krisis ekonomi dan politik. Kondisi tidak menetu dan harga bahan tidak terjangkau. Presiden Sukarno sedang sakit dan dapat meninggal sewaktu-waktu.  

PKI dibawah DN Aidit melihat kesempatan untuk mengambil kekuasaan. Mereka menebar isu “Dewan Jenderal” yang disebut ada di kalangan Angkatan Darat yang ingin mengkudeta Presiden Sukarno.  

Kemudian pada malam 30 September 1965, Pasukan Cakrabirawayang didukung organisasi underbouw PKI melakukan penculikan pada para Jenderal Angkatan Darat. Para korban penculikan adalah Jenderal Ahmad Yani, Mayjen M. T. Haryono, Jaksa Militer Sutoyo

Siswomiharjo, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Letnan Jenderal Soeprapto dan Brigadir Jenderal D. I. Pandjaitan. Mayat korban penculikan dibuang di Lubang Buaya.  Para perwira dibunuh dan di buang di Lubang Buaya. Namun pemberontakan berhasil dipatahkan, da PKI kemudian dibubarkan.

—————————————————————————–

Pelajari Lebih Lanjut:

Apa Tujuan PKI melakukan gerakan 30 September 1965?

Detail Jawaban

Kelas: XII

Kode: 12.3.2  

Mata pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Bab 2 – Perjuangan Melawan Ancaman Pemberontakan  

Kata kunci: Pemberontakan G30S/PKI  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Pki dinyatakan sebagai partai terlarang sebab Semoga Membantu.