Yang bukan merupakan faktor penyebab terjadinya perdagangan antar daerah adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Yang bukan merupakan faktor penyebab terjadinya perdagangan antar daerah adalah

Jelaskan penyebab perdagangan antar daerah di Indonesia!

Penyebab perdagangan antar daerah di indonesia, adalah :

1. Adanya perbedaan faktor produksi yang dimiliki

Salah satu penyebab terjadinya perdagangan antar daerah di Indonesia adalah adanya perbedaan faktor produksi yang dimiliki oleh masing  masing wilayah. Faktor produksi tersebut terutama adalah sumber daya alam. Indonesia memiliki berbagai wilayah yang memiliki karakterisitik atau kondisi alam yang berbeda, mengakibatkan hasil sumber daya alamnya pun berbeda – beda. Misalkan daerah Jawa Barat terkenal akan daerah yag subur dengan hasil pertanian yang melimpah, sedangkan Kalimantan Timur terkenal sebagi penghasil barang tambang.

2. Adanya perbedaan tingkat Harga antar daerah

Selain dikarenakan adanya perbedaan sumber daya alam. Perdagangan antardaerah juga dipengaruhi oleh adanya perbedaan harga antar daerah. Apabila suatu daerah memiliki suatu kekayaan alam yang melimpah, biasanya harga barang tersebut akan lebih murah. Sehingga kemudian banyak daerah lain yang memutuskan untuk membeli barang ke daerah tersebut. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Pembahasan

Perdagangan antar daerah di Indonesia dilakukan oleh banyak pelaku usaha.

Perdagangan antar daerah memiliki tujuan, yaitu :

1. Untuk memperoleh Keuntungan

Tujuan utama dari diadakannya perdagangan antar daerah adalah untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan tersebut diperoleh dari selisih harga beli dengan harga jual.

2. Untuk memperluas jangkauan pasar

Apablia perdagangan dilakukan hingga ke daerah atau pulau lain, makan jangkauan pasarnya akan semakin meluas. Dikarenakan jumlah konsumennya akan mengalami peningkatan.

Baca Juga  Lagu tanah airku menggunakan tempo

Pelajari Lebih Lanjut

Detil Jawaban

Kelas : 8

Mata Pelajaran : IPS

Bab : Pengaruh perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara – Negara ASEAN

Kode : 8.8.3

Kata kunci : perdagangan antardaerah, penyebab, faktor pendorong

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Yang bukan merupakan faktor penyebab terjadinya perdagangan antar daerah adalah Semoga Membantu.