Tuliskan kalimat yang diucapkan tikus kepada kucing

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tuliskan kalimat yang diucapkan tikus kepada kucing

Kalimat adalah kesatuan linguistik yang terdiri dari setidaknya satu klausa. Untuk dapat membangun satu klausa yang utuh, kita memerlukan dua unsur. Kedua unsur tersebut masing-masing mencakup satu subyek dan satu predikat. Subyek merupakan bagian dari kalimat yang melakukan tindakan seperti yang diterangkan oleh kata kerja atau verba seperti yang terkandung dalam predikat. Sementara itu, predikat merupakan bagian kalimat yang mengandung kata kerja atau verba yang menerangkan tindakan yang dilakukan oleh subyek.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita utnuk menyajikan kalimat yang diucapkan kucing terhadap tikus. Namun, karena ketiadaan cerita yang dijadikan rujukan, untuk menjawab pertanyaan kali ini, kakak menggunakan cerpen “Kucing dan Tikus”. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

KALIMAT YANG DIUCAPKAN KUCING TERHADAP TIKUS

1. Terima kasih yaa sudah menolongku kalau gak ada kalian mungkin aku sudah jatuh ke jurang

2. Tapi kenapa kalian menolong ku sedangkan aku saja ingin memakan kalian?

Sebagai rujukan, berikut kakak akan menyajikan teks “Kucing dan Tikus”

Pada suatu hari ada seekor kucing berkeliling-keliling di sekitar jalan untuk mencari makanan. Pada suatu ketika ada seekor tikus melintas di samping kucing itu, kucing itu berkata dalam hati “Wah ada mangsa baru nih kalau aku makan tikus ini perutku langsung kenyang deh”. Tikus itu juga berkata dalam hati “Hah, ada kucing waduh bahaya nih bisa bisa aku dimakan sama dia”. Kucing dan tikus pun saling menoleh satu sama lain dengan tatapan sinis, dan tiba tiba kucing itu mengejar tikus itu tetapi tikus itu berhasil meloloskan diri dari kucing itu

Baca Juga  Permainan bola kasti termasuk ke dalam rumpun permainan bola

“Arghh, gagal deh makan makanan lezat nya” dalam hati si kucing. Sedangkan tikus itu yang meloloskan diri dari si kucing berkata “Syukurlah aku bisa lolos dari kejarannya Tuhan masih memberikan aku hidup”.

Keesokan hari nya, kucing itu berjalan-jalan lagi sambil berkata “Aduh, aku belum makan 2 hari nih aku sangat lapar sekali. Coba aja aku ketemu sama tikus itu aku bakalan gak lapar kayak gini”. Kucing itu berjalan jalan dan suatu ketika kucing itu bertemu dengan seekor guguk, kucing itu berkata “Waduh, bahaya nih ada guguk disana aku harus bagaimana?”. Guguk itu pun mendekati kucing itu semakin dekat dan gugukitu pun mendekati kucing itu semakin dekat dan si kucing pun bingung mau kemana lagi kalau dia jalan terus dia akan jatuh ke jurang.

Guguk itu pun semakit dekat, dan kucing itu pun JATUH KE JURANG “Ahhh tolong aku ku mohon”. Tiba-tiba segerombolan tikus pun datang untuk menolong si kucing itu sedangkan guguk itu melarikan diri. Si tikus pun memegang tangan si kucing itu sehingga tidak jatuh ke jurang. Segerombolan tikus pun menarik tangan si kucing ke atas, kucing pun berterima kasih kepada si tikus dan kawan-kawannya “Terima kasih yaa sudah menolongku kalau gak ada kalian mungkin aku sudah jatuh ke jurang”. Tikus pun menjawab “Tidak apa apa kok aku senang sekali menolong siapapun termasuk kamu”. Kucing pun bertanya “Tapi kenapa kalian menolong ku sedangkan aku saja ingin memakan kalian?” Tikus pun menjawab “Kita sesama makhluk hidup harus saling tolong menolong”. Dan akhirnya mereka pun berpelukkan tanda mereka menjadi sahabat

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang kalimat langsung:

Baca Juga  Perangkat output yang menghasilkan informasi disebut

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 – Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: kalimat, ucapanm kucing, tikus

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tuliskan kalimat yang diucapkan tikus kepada kucing Semoga Membantu.