Pemerintah membutuhkan informasi akuntansi dari perusahaan untuk

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pemerintah membutuhkan informasi akuntansi dari perusahaan untuk

Pemerintah memerlukan informasi akuntansi dari suatu perusahaan karena informasi akuntansi dari perusahaan sangat berguna bagi pemerintah untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan tersebut ke kas negara, hasil dari pembayaran pajak tersebut digunakan pemerintah sebagai sumber pembiayaan pengeluaran negara atau APBN.

Pembahasan

Ilformasi akuntansi adalah sebuah laporan keuangan yang berisi informasi tentang besarnya laba atau rugi yang mampu dihasilkan oleh perusahaan dalam kurun waktu satu periode, biasanya satu tahun. Informasi akuntansi ini bukan hanya berguna bagi pihak internal perusahaan saja,namun juga sangat berguna bagi pihak eksternal perusahaan, salah satunya adalah pemerintah.

Pemerintah sebagai lembaga otoritas mempunyai hak untuk mengetahui laporan keuangan semua perusahaan,hal ini dilakukan agar jika perusahaan mencoba melakukan kecurangangan atau penggelapan pajak akan segera diketahui.

Perhitungan dan persentase pajak yang harus dibayar oleh perusahaan kepada pemerintah sudah mempunyai dasar yang kuat, sehingga pemerintah bisa saja melakukan perhitungan besarnya pajak yang harus diterima dari perusahaan tersebut.

Jika diketahui perusahaan tersebut melakukan penggelapan pajak, maka dapat ditindak secara hukum, Oleh sebab itu, informasi akuntansi perusahaan juga berguna bagi pemerintah.

Pelajari lebih lanjut

——————————

Detil Jawaban

Kelas : XII (3 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Akuntansi sebagai Sistem Informasi

Kode : 12.12.1

Kata Kunci : Informasi Akuntansi, Perusahaan, Pemerintah.

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Pemerintah membutuhkan informasi akuntansi dari perusahaan untuk Semoga Membantu.

Baca Juga  Apa yang kamu ketahui tentang plta