Apa manfaat plta bagi kehidupan manusia

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa manfaat plta bagi kehidupan manusia

Manfaat PLTA bagi kehidupan manusia adalah …

  1. Menghasilkan energi listrik
  2. Sebagai cadangan air dan pengairan pada musim kemarau
  3. Sebagai tempat budidaya ikan air tawar

Pembahasan:  

Energi listrik dihasilkan dari perubahan energi lain, seperti energi kimia atau energi kinetik (energi gerak) pada sumber energi, melalui pembangkit listrik. Energi listrik adalah energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik. Perangkat-perangkat listrik ini akan mengubah energi listrik ini menjadi bentuk lain.

Salah satu bentuk perubahan energi untuk menghasilkan energi listrik ini adalah pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) meggunakan gerakan air, yang berasal dari air terjun, atau dari waduk (bendungan buatan), dalam menggerakkan turbin generator.

Contoh PLTA di Indonesia adalah PLTA Gajahmungkur di Jawa Tengah dan PLTA Jatiluhur di Jawa Barat.

PLTA merupakan sumber energi listrik yang terperbarukan dan tak akan habis, selama aliran air yang mensuplai bendungan atau waduk pada PLTA masih terus ada. Ini berbeda dengan batubara pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), yang dapat habis.

Selain menghasilkan energi listrik, PLTA juga menampung air dalam jumlah besar pada waduk atau bendungan. Cadangan air ini dapat digunakan sebagai irigasi lahan pertanian pada musim kemarau. Ini memungkinkan budidaya tanaman padi meski tidak hujan.

Waduk dan bendungan ini juga cocok sebagai tempat budidaya air tawar, yang dilakukan dengan keramba untuk membiakkan ikan seperti lele dan bandeng.

————————————————————————————-

Detail Jawaban:  

Kode: 6.4.7

Kelas: VI

Mata pelajaran: Fisika    

Materi: Energi dan Perubahannya

Kata kunci: PLTA

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa manfaat plta bagi kehidupan manusia Semoga Membantu.