Surat al hadid ayat 3

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Surat al hadid ayat 3

Surah al hadid ayat 3 menyebutkan bahwa allah memiliki sifat Al-Awal, Al-Akhir, Adzhohir, Al-Batin.

Pembahasan

Surah Al-Hadid Merupakan surah ke-57 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surah Madaniyah dan terdiri atas 29 ayat. Dinamakan Al Hadid yang berarti besi diambil dari perkataan Al Hadiid yang terdapat pada ayat ke-25 surat ini.

Kali ini kita akan membahas surat Al-Hadid ayat 3.

QS. Al-Hadid Ayat 3 :

هُوَ الۡاَوَّلُ وَالۡاٰخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالۡبَاطِنُ‌ۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمٌ

Dialah Yang Awal, Yang Akhir, Yang Zahir dan Yang Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

Maksud dari ayat tersebut adalah :

Dijelaskan dalam ayat tersebut bahwa Allah merupakan Pencipta, Dialah Yang paling Awal tanpa permulaan, dan Dia pula Yang Akhir karena Dia abadi tanpa batas akhir bagi eksistensinya.

Selain itu, Dia adalah Yang Dzahir dan mengetahui apa saja yang tampak, dan Yang Batin dan mengetahui apa saja yang disembunyikan atau yang tersirat dalam hati.

Dia lebih dekat kepada makhluk daripada dirinya sendiri, dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu di alam semesta.4. Dialah yang menciptakan langit dan bumi beserta semua yang ada di dalam dan di antara keduanya dalam enam masa; kemudian setelah penciptaan itu Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur urusan makhluk-Nya. Apa saja yang terjadi pada ciptaan-Nya tidak pernah luput dari pengetahuan-Nya.

Dia mengetahui apa yang ada di dalam bumi, seperti hewan yang menyusup (Cacing), dan apa yang keluar dari dalamnya, seperti tanaman yang tumbuh (rumput).

Baca Juga  Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban jawaban di atas

Dia mengetahui pula apa yang turun dari langit, seperti air hujan, dan apa yang naik ke sana, seperti kebajikan dan doa manusia. Wajib diyakini bahwa Allah itu ada dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan; tidak ada yang tersembunyi dari-Nya.

Pelajari Lebih Lanjut

==========================

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : PAI

Kategori : menjaga martabat manusia

Kode : 10.14.12

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Surat al hadid ayat 3 Semoga Membantu.