Malaikat yang bertugas menurunkan hujan adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Malaikat yang bertugas menurunkan hujan adalah

Malaikat yang bertugas menurunkan hujan adalah mikail. Malaikat adalah makhluk ciptaan ALLAH yang terbuat dari cahaya.

PEMBAHASAN

Adik-adik yang baik, Malaikat merupakan salah satu dari sekian banyak makhluk ciptaan ALLAH. Malaikat ini merupakan makhluk yang makhsum, yaitu terbebas dari dosa, berbeda dengan manusia yang ALLAH beri nafsu dan dapat berbuat batil. Malaikat tidak memiliki nafsu dan tidak memiliki keinginan untuk ingkar terhadap ALLAH. Setidaknya ada 10 malaikat yang wajib kita imani, yaitu Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Izrail, Malikat Munkar, Malaikat Nakir ,Malaikat Raqib / Rokib, Malaikat Atid / Atit , Malaikat Malik dan Malaikat Ridwan . ALLAH menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Sesuai dengan hadist yang diriwaytakan oleh sayidatinna Aisyah radhiyallah `anha, dia mengatakan bahwasanya Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya.” (HR. Muslim)

Malaikat yang bertugas menurunkan hujan dan mengurus tanaman adalah malaikat mikail. Selain itu malaikat mikail juga bertugas memberikan rezeki.  Malaikat mikail merupakan salah satu malaikat besar dari 4 malaikat  besar, yang memiliki keistimewaan lebih dibanding malaikat lain. bahkan nama malaikat mikail disebutkan dalam Al Quran, yaitu surah Al baqarah ayat 98 :

مَن كَانَ عَدُوًّا لِّلّهِ وَمَلآئِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللّهَ عَدُوٌّ لِّلْكَافِرِينَ

“Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.” (QS. al-Baqarah: 98)

Mengenai tugas malaikat mikail bisa diketahui dari hadist berikut ini :

“Jibril mengatur angin dan pasukan, Mikail mengatur hujan dan pepohonan, malaikat maut yang mencabut nyawa, dan Israfil menyampaikan kepada mereka apa yang diperintahkan kepada mereka.” (HR. Abu Syaikh al-Ashbahani )

Baca Juga  Peresapan air ke dalam tanah melalui pori pori tanah disebut

Kemudian bin baz berkata bahwa “Mikail adalah malaikat yang diperintahkan untuk mengatur hujan. Sementara Jibril adalah ar-Ruh al-Amin”. (Fatawa Ibnu Baz, no. 1452)

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

1.Sebutkan apa saja perilaku jahat abu lahab kepada nabi muhammad saw  

2.Sebutkan apa saja perilaku jahat abu lahab kepada nabi muhammad saw

3.Allah swt menciptkn manusia yg pertm dri tanah,sdangkn malaikat dciptkn dri

Oke adik adik Semangat!  Jangan lupa jadikan jawaban TERBAIK !

DETAIL JAWABAN

Kelas : VIII

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 2 – iman kepada ALLAH

Kata Kunci : iman kepada malaikat, malaikat  

Kode : 8.14.2

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Malaikat yang bertugas menurunkan hujan adalah Semoga Membantu.