Tanaman cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tanaman cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian

Tanaman cocor menumbuhkan tunasnya pada bagian……. daun (dalam bentuk tunas adventif)

Pembahasan:

Tunas adventif adalah metode perkembangbiakan tanaman secara vegetatif (tak kawin) dengan menggunakan tunas yang timbul tidak di bagian sebagaimana mestinya, misalnya di ujung daun.

Tanaman tertentu seperti cocor bebek (Bryophyllum pinnatum) akan menumbuhkan tunas-tunas kecil di ujung daun akibat adanya hormon akusin dan hormon sitokinin di daerah ini.

Pertumbuhan tunas ini akan menghasilkan daun dan akar pada bagian ini. Pada tanaman seperti cocor bebek, di pinggir daunnya bisa terdapat hingga puluhan calon tunas adventif.

Setelah beberapa waktu tunas ini akan terlepas dari daun dan jatuh ketanah, di mana tunas ini akan membentuk tanaman baru.

Selain cocor bebek, tanaman lain yang memiliki tunas adventif misalnya adalah pohon sukun dan bunga begonia. Selain pada ujung daun, tunas adventif juga dapat tumbuh pada bagian lain tanaman, seperti pada batang dan akar.

Sebagaimana perkembangbiakan vegetatif lainya, tunas adventif terbentuk tanpa adanya penyerbukan atau perkawinan antara sel kelamin jantan dan betina tanaman.

Pada tunas adventif, tanaman anakan hasil perkembangbiakan dengan tunas adventif akan memilki sifat yang sama persis dengan tanaman induknya. Ini karena tanaman anakan adalah klon (salinan) dari tanaman induk yang memiliki materi genetik yang sama persis.

—————————————————————————-

Detail Jawaban

Mata pelajaran: Biologi

Kode: 8.4.6

Kelas: VIII

Materi: Bab 6 – Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tanaman cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian Semoga Membantu.