Aspek aspek yang dinilai dalam karya seni yaitu

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Aspek aspek yang dinilai dalam karya seni yaitu

Aspek – aspek yang dinilai dalam karya seni adalah teknik dan karakter (C)

Pembahasan

Karya seni rupa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, ada yang digunakan sebagai kebutuhan primer dan ada yang digunakan sebagai kebutuhan sekunder. Karya seni rupa memiliki beberapa jenis karya seni yang dapat dinikmati, seperti karya seni patung, seni lukis, seni kaligrafi, relief, topeng dan lain – lain. Bahan yang digunakanpun beragam mulai dari bahan yang lunak hingga bahan yang keras. Dalam suatu karya seni terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti penilaian terhadap karya seni rupa terapan. Terdapat beberapa aspek yang bisa dijadikan kriteria dalam sebuah penilaian.

Aspek – apek yang dinilai dalam karya seni meliputi :

  • Aspek ide atau gagasan, merupakan suatu proses dalam membentuk suatu karya seni yang timbul dari imajinasi yang menjadi kenyataan.
  • Aspek penguasaan teknik,  teknik diperlukan dalam membuat karya seni untuk mewujudkan suatu ide menjadi hal – hal yang mempunyai nilai.
  • Aspek penguasaan bahan yang memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda. Antara bahan rotan dengan logam memiliki sifat masing – masing.
  • Aspek kegunaan, karya seni yang dihasilkan pasti memiliki tujuan tertentu, ajdi dalam penciptaannya perlu mempertimbangkan aspek kegunaannya.
  • Aspek wujud merupakan suatu aspek yang berhubungan dengan prinsip – prinsip komposisi yang meliputi proporsi, keseimbangan, irama, kontras, klimaks, kesatuan.
  • Aspek gaya, masing – masing seniman memiliki gaya yang berbeda untuk menciptakan suatu karya seni. Maka dari itu gaya atau corak perlu dipertimbangkan dalam penilaian karya seni.
  • Aspek kreativitas merupakan suatu hal yang bersangkutan dengan karya seni.
  • Aspek tempat merupakan aspek dimana karya tersebut diletakkan untuk mendapatkan perhatian dari seorang perancang karya seni rupa terapan.
  • Aspek selera dan agama merupakan aspek yang harus dapat menyesuaikan karya seninya dengan selera dan agama yang dianut oleh sebagian orang.
Baca Juga  Siapa penemu permainan bola voli

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang fungsi karya seni rupa brainly.co.id/tugas/3374260
  2. Materi tentang unsur-unsur seni rupa brainly.co.id/tugas/325063

Detil jawaban

Kelas : XI SMA

Mapel : Seni Budaya

Bab : Bab 1 – Berapresiasi Seni Rupa

Kode : 11.19.1

Kata kunci : Aspek seni rupa, teknik seni rupa, apresiasi seni rupa.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Aspek aspek yang dinilai dalam karya seni yaitu Semoga Membantu.