Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya mengapa

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya mengapa

Interaksi adalah hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungan biotik ataupun abiotik. Interaksi dapat bersifat merugikan, menguntungkan atau tidak ada manfaat sama sekali. Contoh interaksi antara lain simbiosis, kompetisi, predasi, maupun netralisme.

Pembahasan

Berikut ini jawaban dan penjelasan dari soal tersebut:

1.  Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya karena manusia merupakan makhluk hidup heterotrof yang membutuhkan makanan dan kebutuhan hidup lainnya dari makhluk hidup lain dan lingkungannya.

2. Interaksi manusia dengan lingkungan alam contohnya adalah:

  • Manusia melakukan penghijauan atau reboisasi.
  • Manusia bercocok tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Manusia memelihara hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing.

3. Interaksi manusia yang merugikan lingkungan adalah:

  • Menebang pohon secara berlebihan untuk kepentingan industri.
  • Menangkap ikan dengan bom sehingga dapat memusnahka semua organisme.
  • Membuka lahan dengan membakar sehingga menimbulkan kebakaran dan polusi udara.

4. Akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan adalah:

  • Terjadi bencana banjir karena hilangnya pohon di daerah pegunungan.
  • Terjadinya abrasi pantai karena hilangnya pohon bakau sebagai pelindung pantai.
  • Hilangnya keanekaragaman hayati karena perburuan liar hewan langka.

Interaksi merupakan hubungan antar dua komponen yang bisa saja saling menguntungkan, merugikan ataupun tidak keduanya. Interaksi dapat terjadi antara komponen hidup (biotik) dengan komponen biotik dan komponen biotik dengan komponen abiotik (benda mati)
. Simbiosis, kompetisi, dan predasi merupakan bentuk interaksi antar komponen makhluk hidup.

Berikut ini penjelasannya masing-masing:

A. Simbiosis

Simbiosis merupakan interaksi antar organisme yang hidup berdampingan. Terdapat beberapa bentuk simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme, amensalisme, dan parasitisme.

Baca Juga  Organisme yang hanya memiliki satu sel dinamakan organisme

1. Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan interaksi antara dua organisme yang saling menguntungkan. Simbiosis mutualisme disebut juga simbiosis obligat. Contoh simbiosis mutualisme adalah:

  • Ikan badut dengan anemon.
  • Ganggang dengan jamir membentuk lumut kerak (lichen).
  • Bakteri Rhizobium dengan akar kacang-kacangan.

2. Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan interaksi antar organisme yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lainnya.

3. Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme merupakan interaksi antar organisme yang memberikan keuntungan salah satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Pihak yang diuntungkan dinamakan parasit, sedangkan pihak yang dirugikan dinamakan inang atau hospes.

B. Kompetisi

Kompetisi merupakan bentuk interaksi antar organisme yang dapat merugikan kedua belah pihak. Kompetisi terjadi pada individu-individu yang berada pada satu komunitas atau habitat. Kompetisi terjadi dalam hal perebutan sumber makanan, habitat, maupun pasangan. Apabila sumber makanan tidak sebanding dengan jumlah individu yang menempati wilayah tersebut, maka kompetisi semakin besar. Begitupun dengan wilayah yang sempit juga akan memperbesar tingkat kompetisi antar individu dalam mempertahankan habitatnya. Tidak seimbangnya perbandingan antara individu jantan dan betina dapat memicu terjadinya kompetisi, karena kepentingan biologis setiap organisme dan juga pentingnya mempertahankan jenis atau reproduksi.

C. Predasi

Predasi merupakan bentuk interaksi antar organisme yang salah satu berperan sebagai pemangsa (predator) dan yang lainnya sebagai mangsa (pre). Predasi dapat dilihat pada rantai makanan maupun jaring-jaring makanan yaitu peristiwa makan dan dimakan antara konsumen I dan konsumen II, konsumen II dan konsumen III, dan seterusnya.

D. Antibiosis

Jenis interaksi ini merupakan hubungan organisme yang menghambat pertumbuhan organisme lainnya. Interaksu ini merupakan cara untuk melindungi diri dari ancaman dari organisme maupun populasi lain. Misalnya dengan menghasilkan senyawa asam, racun, maupun antibiotik. Contohnya adalah jamur Penicilium menghasilkan senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Pohon kamboja menghasilkan senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman lain yang ada disekitarnya.

Baca Juga  Alat kelamin betina pada bunga disebut

E. Netralisme

Netralisme adalah interaksi makhluk hidup yang tidak saling mempengaruhi satu sama lain. Contohnya adalah sapu dengan kupu-kupu.

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Biologi

Bab: Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kode: 7.4.8

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya mengapa Semoga Membantu.