Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam jelaskan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam jelaskan

Jawaban:

Jawaban pendek:

Hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam dengan menyerap karbon dioksida saat fotosintesis, menahan tanah di pesisir pantai agar tidak terkena abrasi akibat gelomvang laut, dan sebagai tempat berkembang biak hewan laut.

Jawaban panjang:

Tanaman bakau atau mangrove adalah tanaman yang tumbuh di wilayah payau di pesisir, di pertemuan antara daratan pantai dan laut.

Hutan bakau memili peran penting dan antara lain melindungi pantai dari abrasi atau pengikisan pantai. Akar tanaman bakau mengikat tanah di pantai agar tidak mudah tergerus gelombang laut. Bila tanaman bakau ini hilang maka tanah pantai akan mudah tergerus dan terkikis oleh gelombang laut. Dengan ini, hutan bakau juga menghalangi masuknya air asin dari laut ke lapisar air tanah.

Hutan bakau digunakan oleh ikan dan hewan lain seperti penyu sebagai tempat bertelur dan berkembang biak. Ini karena sela-sela di akar dan batang bakau yang berada di bawah air memberikan tempat yang baik bagi hewan yang baru menetas untuk berlindung. Hilangnya tanaman bakau akan mengakibatkan terganggunya siklus hidup hewan ini dan populasi iklan bisa hilang serta hewan langka seperti penyu bisa punah.

Saat melakukan fotosintesis, pohon bakau akan menyerap karbon dioksida dan akan mengubahnya menjadi zat makanan dan oksigen. Dengan ini, pohon bakau berperan penting dalam mengurangi gadar zat karbon diokaida yang merupakan gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global. Pohon bakau juga menyediakan oksigen yang perlukan makhluk hidup untuk bernafas.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam jelaskan Semoga Membantu.