Pasangan yang merupakan proses endoterm adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Pasangan yang merupakan proses endoterm adalah

Pasangan yang merupakan proses endoterm adalah …. b. (1) dan (3)

(1) Pakaian basah menjadi kering setelah dijemur.

(3) Logam/besi dilelehkan pada proses pengelasan.

Pembahasan:

Berdasarkan perubahan suhu pada lingkungan dan keluar masuknya kalor atau panas, maka proses dapat dibagi menjadi proses eksoterm dan endoterm

Proses endoterm, adalah reaksi kimia yang menyerap energi dari sekitarnya, yaitu energi dalam bentuk panas (kalor). Proses ini akan mengakibatkan penurunan suhu pada lingkungan setelah reaksi terjadi. Penurunan suhu terjadi karena energi panas diserap oleh sistem.

Contoh proses endoterm adalah pakaian basah menjadi kering setelah dijemur, karena air menguap seiring penyerapan energi panas dari sinar matahri.

Sebaliknya proses eksoterm, adalah proses yang mengeluarkan energi berupa energi panas (kalor) dan akibatnya akan meningkatkan suhu lingkungan.

Contoh proses eksoterm adalah pembakaran bahan bakar seperti elpiji yang menghasilkan panas.

Istilah “endoterm” dan “eksoterm” ini diciptakan oleh Marcellin Berthelot. “Endoterm” berasal dari bahasa Yunani “endo-“, yang berasal dari kata “endon” yang berarti “dalam” dan kata “term” yang berarti “panas”, yang berarti reaksi ini adalah reaksi menyerap panas.  

Sebaliknya “eksoterm” berasal dari kata “eksos” yang berarti “luar” dan kata “term” yang berarti “panas”, yang berarti reaksi ini adalah reaksi mengeluarkan panas.

Detail Jawaban:  

Kode: 7.7.5    

Kelas: VII    

Mata pelajaran: Kimia    

Materi: Bab 5 – Karakteristik Zat  

Kata kunci: Poses Endotermd an Eksoterm  

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Pasangan yang merupakan proses endoterm adalah Semoga Membantu.