Teknik gerakan tungkai pada renang gaya bebas adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Teknik gerakan tungkai pada renang gaya bebas adalah

Jawaban:

Bagaimana gerakan tungkai renang gaya bebas? Gerakkan tangan kanan Anda ke bawah, lalu ke belakang dengan posisi vertikal. Pada saat yang sama, siku dan lengan atas tangan kiri Anda tetap berada di atas permukaan air dan bergerak sedikit ke luar.Ayunkan tangan kanan Anda yang berada di air ke arah badan. Gunakan gerakan ini untuk membantu mendorong badan Anda ke depan.

Penjelasan:

Crawl stroke atau sering disebut juga dengan renang gaya bebas untuk pertama kali di perlombakan pada tahun 1844 di London. Renang gaya bebas merupakan gaya renag yang paling favorit, karena mudah dan lepat lajunya di atas permukaan air. Car amelakukan renang gaya bebas adalah cara melencur diatas permukaan air, dengan bgian dada menempel di atas permukaan air, posisi badan terbentang lurus, dan kepala berada di dalam air. Kedua tangan bergerak mengayuh ke depan secara bergantian, sementara kedua kaki dicambukan naik turun ke air secara bergantian.

Kesempatan untuk Mengambil nafas pada renang gaya bebas dapat dilakukan paling banyak sekali dalam satu kali gerakan. Namun lain halnya bagi para profesional, dalam 8 gerakan untuk menarik nafas sekali adalah hal yang mudah. Yang dimaksud dengan satu kali gerakan adalah gerakan kedua belah tangan dan kedua belah kaki. Cara pengambilan nafas pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara memalingkan wajah ke samping kanan atau kiri saat tangan keluar dari air.

Baca Juga  Bentuk pameran berdasarkan ragam karya yang dipamerkan adalah

Berikut Adalah Teknik Dasar Renang Gaya Bebas:

Gerakan Kaki

Gerakan menendang dan memutar tubuh memberikan energi agar tubuh Anda dapat bergerak ke depan. Fokuslah untuk menendang dengan mengikuti gerak tubuh. Gerakan menendang yang salah justru dapat ‘menyeret’ posisi tubuh dan membuat Anda cepat lelah.  

Gerakan Gerakan Tangan

Luruskan kedua tangan Anda dengan jarak sekitar 40 cm dari kepala. Lebarkan sedikit jari Anda saat tangan menyentuh air dan ikuti aliran pada permukaan air dengan telapak tangan Anda. Kepala Anda harus lurus dengan badan. Ini berarti dahi dan wajah Anda berada di dalam air, sedangkan rambut dan puncak kepala Anda berada di permukaan air.

Mengambil Nafas

Cara bernapas saat melakukan renang gaya bebas perlu disesuaikan dengan posisi tubuh. Saat tubuh Anda berputar, salah satu sisi wajah Anda angkat terangkat ke permukaan air. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menarik napas. Anda baru mengembuskan napas kembali saat wajah menghadap air.

Kesalahan Renang Gaya Bebes  

Beberapa kesalahan umum sebagai penyebab yang membuat perang merasa cepat merasa lelah, jarak tempuh yang pendek, nafas tersengal dan lain sebagainya adalah:

  1. Berenang mengunakan renang gaya bebas dengan mempertahankan posisi kepala berada diatas air.  
  2. Berenang menggunakan renang gaya bebas dengan pandangan tertuju ke arah depan dalam posisi kepala tegak lurus.
  3. Berenang menggunakan renang gaya bebas dengan gerakan kaki seperti gerakan kaki saat mengayuh sepeda.
  4. Berenang menggunakan renang gaya bebas dengan tangan saja, tanpa ikut meggerakan bahu dan pinggang dengan gerakan setengah berputar mengikuti gerakan tangan.
  5. Berenang menggunakan renang gaya bebas pada saat mengambil nafas perenang dengan sengaja melihat ke arah depan.
  6. Berenang menggunakan renang gaya bebas dengan cara menahan napas saat posisi kepala berada di dalam air.
Baca Juga  Susunan indeks yang benar adalah

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Tahapan mendorong lengan secara kuat ke belakang sampai siku lurus di samping paha disebut : brainly.co.id/tugas/22333670
  2. Mengapa renang gaya punggung merupakan gaya renang yang paling mudah, brainly.co.id/tugas/14887920
  3. Apa berbedaan gaya renang bebas dan gaya renang punggung, brainly.co.id/tugas/15492462

—————————————

Detail Jawaban

Kelas : VIII

Mapel : Penjaskes

Bab : 8

Kode Soal : 8.22.8

Kata Kunci : renang, rennag gaya bebas, gerakan tangan, gerakan kaki, mengambil nafas

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Teknik gerakan tungkai pada renang gaya bebas adalah Semoga Membantu.