Kematian setiap makhluk hidup dalam kehidupan fana disebut

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Kematian setiap makhluk hidup dalam kehidupan fana disebut

Kematian setiap makhluk yang bernyawa dari kehidupan dunia yang fana dinamakan Kiamat sugra (C).

Kiamat sugra atau kiamat kecil adalah hari di mana sebagian manusia meninggal. Contohnya, meninggal karena sakit, kecelakaan, tertimpa bencana alam, dan lain-lain.

Pembahasan

8. Nabi saw. bersabda: “Bekerjalah kamu untuk kepentingan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya, dan beramallah untuk akhiratmu seolah-olah kamu mati besok.” (A)

9. Setelah sangkakala pertama dibunyikan sebagai awal hari kiamat, ditiupnya sangkakala kedua untuk mengawali yaumul Ba’ats.

Yaumul Ba’ats adalah hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk diarahkan menuju ke padang mahsyar. Peristiwa ini akan terjadi setelah Malaikat Israil meniupkan sangkakala yang kedua oleh Malaikat Israil. Seluruh manusia dari zaman Nabi Adam hingga manusia terakhir akan bangkit dari kubur dengan keadaan mereka yang bermacam-macam sesuai dengan amal perbuatan mereka sewaktu hidup di dunia.

Peristiwa ini terdapat pada Q.S. Yasin/36 ayat 51, yaitu

“Lalu ditiuplah sangkakala (yang kedua kalinya), maka seketika itu mereka keluar dari kuburnya (dalam keadaan hidup), menuju kepada Tuhannya.”

Pelajari lebih lanjut

——————————

Detail Jawaban

Kelas: IX

Mapel: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Bab: Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk (bab 1)

Kode: 9.14.1

#JadiRankingSatu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Kematian setiap makhluk hidup dalam kehidupan fana disebut Semoga Membantu.

Baca Juga  Perangkat keras hardware yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan kecuali