Sebutkan satu hikmah beriman kepada qadar

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan satu hikmah beriman kepada qadar

Iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah merupakan Rukun Iman yang ke-6. Adapun Hikmah dari beriman kepada Qadha dan Qadar dapat langsung disimak pada pembahasan.

Pembahasan

Dengan mengimani qadha dan qadar, kita dapat mengambil beberapa hikmah, antara lain :

  1. Dapat membangkitkan semangat dalam bekerja dan      berusaha, serta memberikan dorongan untuk  memperoleh kehidupan yang layak di dunia ini.
  2. Tidak membuat sombong atau takabur, karena ia yakin      kemampuan manusia sangat terbatas, sedang kekuasaan Allah Maha Tinggi.
  3. Memberikan pelajaran kepada manusia bahwa segala      sesuatu yang ada di alam semesta ini berjalan sesuai dengan ketentuan dan kehendak Allah SWT.
  4. Mempunyai keberanian dan ketabahan dalam setiap usaha serta tidak takut menghadapi resiko, karena ia yakin bahwa semua itu tidak terlepas dari takdir Allah SWT.
  5. Selalu merasa rela menerima setiap yang terjadi pada dirinya, karena ia mengerti bahwa semua berasal dari Allah SWT. Dan akan dikembalikan kepadaNya.

Sebagai mana firman Allah SWT

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Yang artinya : (yaitu) orang orang yang apabila di timpa musibah, mereka mengucapkan : bahwasanya kami ini bagi (kepunyaan) Allah, kami semua ini pasti kembali lagi kepadaNya .(QS.Al Baqarah :156)

Pelajari Lebih Lanjut

=======================

Detail Jawaban

Kelas: 12

Mapel: PAI

Kategori: Iman pada Qadha’ dan Qadar Allah

Kode: 12.14.4

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan satu hikmah beriman kepada qadar Semoga Membantu.