Bagaimana keadaan wilayah negara singapura

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana keadaan wilayah negara singapura

Letak Geografis
Letak geografis Singapura jika dilihat secara astronomis berada pada 1 derjat, 11′ LU – 1 derjat, 28′ LU dan 103 derjat, 38′ BT – 104 derjat, 5′ BT. Batas wilayahnya ialah sebelah Utara dan Barat berbatasan dengan Selat Johor (Malaysia), sebelah Selatan dan Timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Keadaan Alam
Berdasarkan keadaan fisikalnya, Singapura dapat dibedakan atas tiga bagian, sebagai berikut:

Bagian Tengah, bagian ini meliputi wilaya Tengah dan beberapa wilayah Utara, pada bagian ini kondisi alam Singapura berbukit-bukit dengan puncaknya yang bulat, seperti bukit tertinggi adalah Bukit Timah (+178 m). Selain bukit bagian tengah juga mengalir beberapa sungai, sungai banyak digunakan sarana transportasi.

Bagian Timur, bagian timur wilayah Singapura banyak merupakan daerah dataran rendah, seperti rawa-rawa. Sungai-sungai yang berada di bagian timur pada umumnya dangkal dan alirannya lambat sehingga tidak banyak dapat dimanfaatkan seperti di bagian tengah.

Bagian Barat Daya, wilayah barat daya Singapura merupakan wilayah bergelombang, terdiri atas lembah-lembah dan rawa-rawah serta terdiri dari beberapa bukit. Bukit yang paling terkenal ialah bukit feber yang menjadi tempat wisata terkenal.

Iklim di Singapura
Faktor letak geografis Singapura yang berada pada 130 km diatas garis khatulistiwa menyebabkan iklim di Singapura beriklim tropis dengan curah hujan rata-rata 26 derjat celcius, temperatur dan kelembaban udara tinggi. Musim hujan terdiri pada bulan September sampai Maret dan musim kemarau terjadi pada bulan April sampai Agustus.

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana keadaan wilayah negara singapura Semoga Membantu.