Sebutkan keanekaragaman budaya yang ada di indonesia

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan keanekaragaman budaya yang ada di indonesia

1. Bahasa

Bangsa Indonesia secara garis besar mempunyai 2 bahasa yaitu bahasa nasional dan bahasa daerah. Indonesia memiliki lebih dari 746 bahasa daerah, sebab tiap daerahnya mempunyai bahasa tersendiri. contohnya : bahasa Aceh, bahasa Madura bahasa Jawa, bahasa Kalimantan, bahasa Bali, bahasa Papua, dan masih banyak lainnya

2. Rumah Adat

Salah satu bentuk keragaman budaya Indonesia dapat dilihat dari rumah adat di tiap tiap daerahnya. Perbedaan yang terjadi menggambarkan adaptasi terhadap lingkungan masyarakat setempat. Contohnya antara lain rumah adat joglo,rumah adat panjang, rumah adat panggung, rumah adat gadang, dan masih sebagainya.

3. Pakaian Adat

Biasanya masyarakat menggunakan pakaian adat setempat ketika ada kegiatan adat. Biasa nya kita mudah untuk mengenali pakaian adat yang digunakan tiap-tiap daerah.

4. Tarian Dan Pertunjukan

Dalam bidang seni Indonesia juga memiliki beragam tarian yang mempunyai daya tarik tersendiri. Tidak hanya dinikmati turis lokal, budaya tari Indonesia bahkan dikenal sampe keluar negeri. Sebagai contoh adalah tari pendet dari Bali, dan tari Reog dari Ponorogo.

5. Senjata Tradisional

Dalam sebuah kegiatan adat atau lainnya, kadang kadang juga diperlihatkan senjata daerah masing-masing. Sebagai contoh Kujang dari Jawa Barat, Panah dari Papua, celurit dari Madura, dan lain sebagainya.

6. Lagu Daerah

Contoh lagu daerah yang dimiliki adalah : Bubuy Bulan (Jawa Barat), Piso Surit (Aceh), Cublak-cublak Suweng (Jawa Tengah), Kicir-kicir (Jakarta), Apuse (Papua) dan masih banyak lagi.

7. Upacara Adat

salah satu keragaman budaya Indonesia lainnya yaitu upacara adat yang ada di setiap daerahnya. Sebagai contoh Rambu olok (Toraja), Ngaben (Bali), Dugderan (Jawa Tengah), Pasola (Nusa Tenggara Timur) dan lain sebagainya.

Baca Juga  Dalam permainan bola voli setiap regu berhak memainkan bola sebanyak

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan keanekaragaman budaya yang ada di indonesia Semoga Membantu.