Fungsi hati berikut yang berkaitan dengan fungsi pencernaan makanan adalah

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Fungsi hati berikut yang berkaitan dengan fungsi pencernaan makanan adalah

Fungsi hati sebagai pencernaan makanan adalah menghasilkan garam empedu. Garam empedu dialirkan ke usus halus untuk melarutkan lemak agar mudah di cerna. Pencernaan lemak di usus halus dilakukan oleh lipase.

Pembahasan

Pencernaan manusia bertujuan untuk mengolah makanan yang berupa partikel-partikel besar menjadi lebih kecil agar mudah diserap tubuh. Pencernaan manusia dibedakan menjadi pencernaan mekanik dan kimiawi.

Pada pencernaan mekanik merupakan gerak fisik oleh organ-organ tubuh seperti gigi dan lambung. Pencernaan mekanik bertujuan menghancurkan partikel makanan menjadi lebih kecil.

Pencernaan kimiawi merupakan pencernaan yang dibantu oleh enzim pencernaan seperti amilase, lipase, tripsin. Pencernaan kimiawi bertujuan untuk mengubah senyawa makro menjadi senyawa mikro agar mudah diserap tubuh, misalnya maltosa diubah menjadi glukosa.

Berikut ini alat pencernaan dan proses pencernaan mekanik dan kimiawi yang terjadi di dalam saluran pencernaan makanan pada manusia:

1. Mulut

Pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi untuk menghaluskan makanan dan lidah untuk mengatur letak makanan di rongga mulut agar mudah di proses.  Pada rongga mulut terdapat kelenjar air liur/ludah. Kelenjar ludah menghasilkan ludah atau air liur (saliva).

Kelenjar ludah pada rongga mulut terdiri dari tiga pasang, yaitu :

  • Kelenjar parotis, terletak di bawah teling.
  • Kelenjar submandibularis, terletak di rahang bawah.
  • Kelenjar sublingualis,  terletak di bawah lidah.

Kelenjar parotis menghasilkan ludah yang berbentuk cair. Kelenjar submandibularis maupun kelenjar sublingualis menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir.

2. Kerongkongan

Terjadi gerak peristaltik yaitu gerak mendorong makanan menuju lambung.

Baca Juga  Rumah tangga konsumen yang menyerahkan faktor produksi berupa kompetensi

3. Lambung

Pencernaan mekanik dilakukan oleh otot-otot lambung yang mengolah makanan menjadi bubur makanan (kim).  Dinding lambung terdiri dari sel-sel kelenjar yang bertujuan sebagai kelenjar pencernaan menghasilkan getah lambung.

Getah lambung terdiri dari:

  • Asam lambung (HCl) bertujuan membunuh kuman penyakit atau bakteri yang masuk bersama makanan dan juga berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.
  • Pepsin bertujuan memecah protein menjadi pepton dan proteosa.
  • Enzim renin bertujuan menggumpalkan protein susu (kasein) yang terdapat dalam susu. Adanya enzim renin dan enzim pepsin membuktikan bahwa di dalam lambung terjadi proses pencernaan kimiawi.

4. Pankreas

Pankreas mensekresikan getah pankreas yang mengandung enzim-enzim sebagai berikut:

  • Amilase yaitu enzim yang bertujuan mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula yang lebih sederhana (maltosa).
  • Lipase yaitu enzim yang bertujuan mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  • Tripsin adalah enzim yang mengubah protein dan pepton menjadi dipeptida dan asam amino yang mudah diserap oleh usus halus. Tripsinogen merupakan enzim yang belum aktif, maka harus diaktifkan menjadi tripsin oleh enterokinase.

5. Usus halus

Pada usus dua belas jari terdapat saluran getah pankreas dan saluran empedu.  Dinding usus halus mensekresikan getah usus halus yang mengandung enzim-enzim sebagai berikut :

  • Maltase, bertujuan mengubah maltosa menjadi glukosa.
  • Laktase, bertujuan mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.
  • Sukrase, bertujuan mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa.
  • Enterokinase, bertujuan mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin.

6. Usus besar

Di bagian usus besar terjadi gerak peristaltik yaitu mendorong faeces keluar melalui anus. Usus besar berfungsi membusukkan sisa makanan oleh bakteri Eschericia coli agar mudah dikeluarkan. Selain itu usus besar berfungsi sebagai tempat pembentukan vitamin K dan penyerapan air.

Baca Juga  Sebutkan contoh senam lantai tanpa alat

7. Hati

Empedu dihasilkan oleh hati dan disimpan di dalam kantung empedu. Selanjutnya, getah empedu dialirkan melalui saluran empedu ke usus dua belas jari. Empedu mengandung garam empedu dan zat warna empedu (bilirubin). Garam empedu bertujuan untuk mengemulsikan lemak. Zat warna empedu akan dikeluarkan bersama urin dan faeces (tinja).

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan  

Kode: 11.4.6

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Fungsi hati berikut yang berkaitan dengan fungsi pencernaan makanan adalah Semoga Membantu.