Tekanan kuat lemahnya bunyi ketika menyanyikan lagu disebut

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Tekanan kuat lemahnya bunyi ketika menyanyikan lagu disebut

Tekanan kuat lemahnya bunyi ketika menyanyikan lagu disebut dinamik. Jadi, jika melihat pertanyaan pilihan ganda di atas, tidak ada pilihan jawaban yang benar. Dinamik merupakan salah satu dari unsur pembentuk musik. Selain dinamik, beberapa unsur pembentuk musik yang lainnya adalah nada dan tempo.

Pembahasan

Dalam seni musik dirangkai bunyi-bunyian dengan struktur nada tertentu sehingga membentuk sistem tertentu. Struktur nada itu didasarkan pada tinggi rendahnya nada atau sering juga disebut pitch, kuat lemahnya nada atau dinamik, dan warna nada atau timbre.

Tempo adalah istilah yang digunakan untuk menentukan cepat lambatnya musik atau lagu dinyanyikan. Ada musik atau lagu yang bertempo cepat, sedang, dan ada pula musik atau lagu yang bertempo lambat. Tempo biasanya diukur dengan menghitung jumlah ketukan per menit.  

Selain nada, dinamik dan tempo, ada satu lagi unsur yang dapat dikategorikan sebagai unsur pembentuk musik, yaitu irama. Irama sering juga disebut ritme. Irama merupakan perulangan bunyi-bunyian menurut pola tertentu dalam sebuah lagu yang menimbulkan keindahan serta yang membuat sebuah lagu menjadi enak didengar.

Dari penjelasan di atas maka dapat juga disimpulkan bahwa Seni musik memiliki unsur-unsur pembentuk yang terdiri dari nada, dinamik, tempo, dan irama.

Pelajari lebih lanjut

__________

Detil Jawaban

Kelas : XI

Mapel : Seni dan Budaya – Memahami Konsep Musik Barat

Bab : 8

Kode : 11.19.8

#JadiRankingSatu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tekanan kuat lemahnya bunyi ketika menyanyikan lagu disebut Semoga Membantu.