Tugas malaikat raqib dan atid

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tugas malaikat raqib dan atid

Malaikat pencatat amal baik dan buruk adalah malaikat roqib dan malaikat atid. Malaikat roqib adalah malaikat pencatat amal baik yang berada di pundak kanan kita dan malaikat atid adalah malaikat pencatat amal buruk yang berada di pundak kiri kita. Kedua malaikat ini selalu menyartai kemanapun kita pergi.

PEMBAHASAN

Adik-adik yang baik, Malaikat merupakan salah satu dari sekian banyak makhluk ciptaan ALLAH. Malaikat ini merupakan makhluk yang makhsum, yaitu terbebas dari dosa, berbeda dengan manusia yang ALLAH beri nafsu dan dapat berbuat batil. Malaikat tidak memiliki nafsu dan tidak memiliki keinginan untuk ingkar terhadap ALLAH. Setidaknya ada 10 malaikat yang wajib kita imani, yaitu Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Izrail, Malikat Munkar, Malaikat Nakir ,Malaikat Raqib / Rokib, Malaikat Atid / Atit , Malaikat Malik dan Malaikat Ridwan . ALLAH menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Sesuai dengan hadist yang diriwaytakan oleh sayidatinna Aisyah radhiyallah `anha, dia mengatakan bahwasanya Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya.” (HR. Muslim)

Malaikat pencatat amal baik dan buruk adalah malaikat roqib dan malaikat atid. Malaikat roqib adalah malaikat pencatat amal baik yang berda di pundak kanan kita dan malaikat atid adalah malaikat pencatat amal buruk yang berada di pundak kiri kita. Kedua malaikat ini selalu menyartai kemanapun kita pergi. Disampaikan bahwa malaikat roqib dan atid ini menunjukan kepada sifat malaikat ini yaitu malaikat yang seelalu mangawasi manusia dan hadir dimanpun manusia berada. maka malaikat roqib dan atid ini ada banyak jumlahnya, sebanyak manusia yang ada didunia ini.

Baca Juga  Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari

Contohnyad adalah apabila kita melakukan sebiuah kebaikan , walaupun kecil , bahkan baru niat melakukan kebaikan saja, maka malaikat roqib akan mencatatnya sebagai amal, misal saat kita menolong teman kita yang sedang kesulitan, menolong korban bencana, puasa sunnah senin kamis, sholat wajib dan sunnah, serta segala amalan baik lainnya walaupun hanay menyingkirkan duri dari jalan.

Namun bila kita beramal buruk, seperti mencuri, berbohong, sombong, meninggalkan sholat dan lain-lain maka amalan buruk kita akan dicatat malaikat atid. Bedanya bila baru niat dan belum melakukan, maka malaikat atid tidak akan mencatat. Baik banget kan ALLAH !

Dalil mengenai malaikat roqib dan atid :

Allah Ta’ala berfirman,

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ (17) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ (18)

“(Yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf: 17-18).

Allah Ta’ala berfirman,

وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ كِرَامًا كَاتِبِينَ يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ

“Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al Infithar: 10-12).

wallahualam bishowab

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

1.Sebutkan apa saja perilaku jahat abu lahab kepada nabi muhammad saw  

2.Sebutkan apa saja perilaku jahat abu lahab kepada nabi muhammad saw

Baca Juga  Sekat antara rongga dada dan rongga perut disebut

3.Allah swt menciptkn manusia yg pertm dri tanah,sdangkn malaikat dciptkn dri

Oke adik adik Semangat!  Jangan lupa jadikan jawaban TERBAIK !

DETAIL JAWABAN

Kelas : VIII

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 2 – iman kepada ALLAH

Kata Kunci : iman kepada malaikat, malaikat  roqib dan atid

Kode : 8.14.2

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tugas malaikat raqib dan atid Semoga Membantu.