Apa yang dibahas dalam sidang pertama bpupki

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa yang dibahas dalam sidang pertama bpupki

Yang dibahas dalam sidang pertama BPUPKI adalah pembahasan mengenai perumusan sebuah Dasar Negara negara Indonesia yaitu Pancasila.

Pembahasan

BPUPKI adalah organisasi bentukan Jepang yang didirikan pada tanggal 1 Maret tahun 1945. BPUPKI berkepanjangan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokoritsu Junbi Cosacai). Organisasi ini beranggotakan 64 orang yang di ketuai oleh Dr. K.R.T. Radjiman Wediodiningrat. BPUPKI mengadakan sidang dua kali. Pada sidang yang pertama tanggal 29 Mei-1 Juni 1945. Pada sidang pertama ini BPUPKI membahas mengenai perumusan dasar negara Indonesia. Dalam sidang tersebut, terdapat gagasan yang di sampaikan oleh tiga tokoh nasional, yaitu Mr. Mohammad Yamin, Prof. DR. Soepomo, Bdan Ir.Soekarno.

Untuk melanjutkan sidang yang belum selesai, di bentuklah Panitia Sembilan yang terdiri dari Sembilan orang yang di ketuai oleh Ir. Soekarno, panitia Sembilan akan bersiang di masa reses, yaitu tanggal 2 Juni – 9 Juni 1945. Dalam sidang reses pun terjadi perdebatan antara golongan nasionalisme dengan golongan yang mempertahankan syariat silam.

Akhirnya rumusan dasar negara Indonesia di sepakati. Hasil kesepakatan tersebut di beri nama Piagam Jakarta atau Piagam Charter

Dalam sidang kedua pada tanggal 10 Juli – 16 Juli BPUPKI membahas tentang rancangan hukum dasar terdiri atas pembukaan (preambule) dan batang tubuh (pasal-pasal), rancangan pembukaan UUD ini di susun berdasarkan hasil dari panitia Sembilan. Panitia kecil BPUPKI yang membahas rancangan pembukaan UUD 1945 menyetujui secara bulat hasil racangan yang di buat oleh panitia Sembilan.

Pelajari lebih lanjut

———————————————–

Semoga membantu.

Baca Juga  Sebutkan macam macam bentuk magnet

Detil tambahan

Kelas:  7 SMP

Mapel:  Ppkn

Kategori:-

Kata kunci: BPUPKI, sidang pertama

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa yang dibahas dalam sidang pertama bpupki Semoga Membantu.