Landrente ciptaan raffles bertujuan untuk

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Landrente ciptaan raffles bertujuan untuk

Landrente ciptaan raffles bertujuan untuk … meningkatkan pendapat pemerintah kolonial Inggris di India, dengan memperbaiki dan meningkatkan pungutan pajak

Pembahasan:

Sistem land rent (Pajak atau Sewa Tanah) diterapkan pada masa pendudukan Inggris, oleh Letnan Gubernur Thomas Stamford Raffles (tahun 1811-1814).  

Pada land rent, petani pemilik tanah wajib membayar pajak bergantung harga tanah, dan pembayaran dilakukan dalam bentuk uang tunai. Pada sistem ini, petani yang tidak memiliki tanah dikenakan pajak perorangan

Kebijakan “land rent” atau pajak tanah diterapkan Inggris, yang berkuasa seiring dengan invasi Inggris karena saat itu Belanda merupakan negara bawahan Perancis. Sementara, Perancis dibawah pemerintahan Napoleon Bonaparte sedang bermusuhan dan berperang dengan Inggris.  

Dalam sistem baru ini, tanah di Indonesia di bagi menjadi beberapa kategori dengan besar pajak yang berbeda. Kemudian pemilik tanah harus membayar pajak sesuai nilai tanahnya.

Sistem ini ditujukan untuk meningkatkan pendapatan pemerintah kolonial, yang saat itu kesulitan keuangan. Namun kebijakan ini kurang berhasil karena sistem yang baru. Akibatnya saat Belanda mengambil alih kekuasaan dari Inggris, Belanda mengganti kebijakan sewa tanah ini dengan Sistem Tanam Paksa (Cultuurstelsel).  

———————————————————————————————

Detail Jawaban      

Kode: 11.3.1  

Kelas: XI  

Mata pelajaran: IPS / Sejarah  

Materi: Bab 1 – Bangsa Eropa di Indonesia  

Kata kunci: Sistem Land Rent, Penjajahan Inggris Raffles

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Landrente ciptaan raffles bertujuan untuk Semoga Membantu.

Baca Juga  Bagian kalimat surat yang menyatakan kualifikasi adalah