Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya singapura

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya singapura

Hubungan kondisi geografis dan sosial budaya negara singapura adalah karena letak singapura yang strategis yaitu terletak pada jalur persilangan pelayaran internasional. singapura memiliki berbagai macam etnis seperti melayu, tionghoa, india dan lainnya membuat tata kehidupan negara singapura merupakan perpaduan antara budaya timur dan budaya barat.

Pembahasan

Singapura adalah salah satu negara yang terletak di kawasan asia tenggara. Singapura termasuk salah satu negara maju. Sebagai negara maju singapura memiliki pendapatan perkapita  yang sangat tinggi, yaitu USD 87.100 dan pendapatan domestic bruto nominal (PDB nominal) sebesar USD 487.9 miliar. Kegiatan perekonomian singapura berpusat pada pengolahan barang impor dan ekspor terutama pada industri manufacturing seperti elektronik, pengolahan minyak bumi, bahan kimia, perkapalan, pengolahan karet dan pengolahan makanan. Selain berpusat pada industri manufakturing, kegiatan ekonomi singapura lainnya adalah perbaikan kapal-kapal, jasa keuangan dan perbankan, pariwisata serta perdagangan enterpot atau pelabuhan perlintasan kapal. Pelabuhan cargo singapura adalahsalah satu pelabuhan tersibuk di dunia  dalam melayani perdagangan enterpot. Secara astronomis negara singapura terletak diantara 1o11’ LU – 1o28’LU dan 103o38’BT – 104o5’ BT. Negara  Singapura memiliki luas wilayah sekitar 697 km2 dengan jumlah penduduknya sebanyak. 5.781. 728 jiwa. Mayoritas penduduk singapura adalah etnis tionghoa kemudian diiukuti oleh etnis melayu dan india. Singapura menerapkan 4 bahasa yang digunakan, ke empat bahasa tersebut adalah bahasa inggris, mandarin, melayu, dan bahasa tamil. Sistem pemerintahan singapura berbentuk republic parlementer yang negaranya dikepalai oleh seorang presiden. Dimana presiden tersebut langsung dipilih oleh rakyatnya dalam periode 6 tahun.

Baca Juga  Pencipta lagu bintang kecil adalah

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

Kelas : 9

Mapel : IPS

Bab : Asia Tenggara  

Kode : 9.10.9

Kata kunci : Singapura

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya singapura Semoga Membantu.