Apa yang dimaksud as sabiqun al awwalun sebutkan siapa saja

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa yang dimaksud as sabiqun al awwalun sebutkan siapa saja

As sabiqun al awwalun adalah adalah orang-orang dari kalangan keluarga dan sahabat yang pertama kali masuk islam, yaitu yang meyakini tiada tuhan selain ALLAH dan Muhammad adalah utusan ALLAH dimasa awal islam. Diantara as sabiqun al awwalun adalah keluarga Rasulullah dan sahabat dari kalangan muhajirin dan anshor.

PEMBAHASAN.

Adik-adik, pada masa kenabian, ketika Rasulullah pertama kali menerima wahyu, maka perintah dari ALLAH adalaha unutk menyampaikan wahyu ini kepada manusia, saat masa awal kenabian Rasulullah, agama ini didakwahkan secara rahasia dan sembunyi-sembunyi, maka saat orang-orang yang pertama kali Rasulullah dakwahkan mengenai agama ini adalah keluarga dan sahabat-sahabat terdekatnya. Dan yangdimaksud dengan Assabiqunal Awwalun adalah orang-orang dari kalangan keluarga dan sahabat yang pertama kali masuk islam, yaitu yang meyakini tiada tuhan selain ALLAH dan Muhammad adalah utusan ALLAH dimasa awal  islam. Lebih umum lagi disebutkan dalam AL Quran bahwa Assabiqunal Awwalun adalah para shabat dari kalangan muhajirin dan Anshor.

Surat At-Taubah Ayat 100

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

________________________________________

100. Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang

Baca Juga  Jelaskan apa yang dimaksud dengan permainan bola voli

Diantara yang paling awal masuk islam yang tergolong assabiqunal awwalun sesuai urutan masuk islamnya adalah :

1. Siti Khadijah binti Khuwailid , istri Rasulullah

2. Ali bin Abi Thalib, sepupu dari Rasulullah

3. Abu Bakar As shidiq, sahabat terdekat Rasulullah

4. Zaid bin Haristah, anak angkat Rasulullah

5. Ustman bin Affan

6. Zubair

7. Sa’ad bin Abi Waqosh

8. Thalhan bin Ubaidillah

9. Abdurrahman bin Auf

10. Abu Ubaidah bin Al Jarrah

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

Oke adik adik Semangat!  Jangan lupa jadikan jawaban TERBAIK !

………………………………………………………………………………………………………………………………………

DETAIL JAWABAN

Kelas : XI

Pelajaran : Agama

Kategori : BAB 1 – Al Quran sebagai pedoman hidup

Kode : 11.14.1

Kata Kunci : assabiqunal awwalin

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Apa yang dimaksud as sabiqun al awwalun sebutkan siapa saja Semoga Membantu.