Spionase akibatnya bagi integrasi nasional

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Spionase akibatnya bagi integrasi nasional

Akibat spionase bagi integrasi nasional adalah:

Mengancam Kedaulatan Negara

Spionase merupakan tindakan yang berpotensi mengancam kedaulatan negara. Spionase dapat menciptakan kegoncangan sebab informasi rahasia yang disimpan dapat disebarluaskan. Tentunya hal ini dapat dianggap sebagai tindakan dan upaya yang mengancam kedaulatan negara. Sebab beberapa informasi yang sifatnya sangat rahasia harusnya tidak diketahui publik bisa bocor akibat tindakan ini. Tentunya hal ini dapat menimbulkan permasalahan yang baru seperti pada penyebab israel dan palestina berperang .

Rahasia negara yang kemudian disebarluaskan tentu dapat memicu ketegangan. Apalagi jika informasi tersebut sifatnya sangat rahasia. Maka jika tersebar luas maka potensi konflik yang ditimbulkam bisa sangat luas. Tentunya potensi konflik yang besar dapat berdampak dan sekaligus memicu pada terancamnya kedaulatan negara. Kondisi ini dapat menimbulkan konflik dan kerusuhan yang luas dan berdampak pada pemerintahan.

Menjatuhkan Harkat Dan Martabat  

Pada masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono kita sempat dihebohkan dengan tindakam spionase pemerintah Australia terhadap beberapa pejabat pemerintahan Indonesia. Hal ini diketahui dari catatan  Edward Snowden bahwa Australia menyadap pembicaran banyak pejabat negara, termasuk presiden SBY. Hal ini memunculkan konflik bilateral. Hal ini dianggap merendahkan harkat martabat negara karena terlihat bahwa Australia mencurigai apa saja plan Indonesia di kawasan sebagaimana penyebab konflik antar ras .

Menimbulkan Rasa Saling Curiga

Akibat yang lainnya yang bisa ditimbulkan adalah pastinya menimbulkam rasa saling curiga. Tentunya hal ini dapat berdampak pada kerjasama yang sudah dijalin. Anda bisa bayangkan bagaimana jika kedua belah pihak negara sudah saling mencurigai. Maka tentunya akan bisa menimbulkan dampak terhadap kondisi internal negara tersebut. Mereka akan menutup akses satu sama lain, sehingga tentunya hal ini dapat dimanfaatkan oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab sebagaimana ciri-ciri demokrasi terpimpin . Sehingga potensi konflik yang lebih besar akan bisa terjadi.

Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan menyublim

Dapat Memicu Perang

Sebagaimana telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa potensi konflik yang lebih besar dapat di timbulkan dari peristiwa ini salah satunya sebagai dampak konflik agama . Salah satunya dampak yang paling besar adalah peperangan. Dalam hal ini informasi yang sifatnya rahasian bahkan sangat rahasia adalah sebuah informasi yang hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak tertentu. Biasanya informasi tersebut merupakan informasi mengenai misi rahasia. Tentunya jika hal ini sampai diketahui oleh negara lain maka tentu dapat membahayakan negara yang bersangkutan.

Memutuskan Kerjasama Bilateral antar Negara yang Bersangkutan  

Akibat terakhir yang dapat ditimbulkan adalah putusnya kerjasama yang telah dijalin oleh kedua negara sebagai contoh kejahatan kemanusiaan . Tentunya dalam menjalankan sebuah negara kita akan menjalin kerjasama dengan negara lain yang dapat dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kemajuan perkembangan sebuah negara. Selain itu, dalam hubungan internasionalnya kita tidak dapat melepaskan diri dari segala bentuk kerjasama dengan negara lain.

Pembahasan

Spionase berasal dari bahasa prancis (espionnage) adalah suatu praktik pengintaian, memata-matai untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah organisasi atau lembaga yang dianggap rahasia tanpa mendapatkan izin dari pemilik yang sah dari informasi tersebut. Pada dasarnya spionase berbeda dengan pengumpulan data intelejen, sebab spionase bisa mengumpulkan informasi dengan mengakses tempat di mana informasi tersebut disimpan atau orang yang mengetahui mengenai informasi tersebut dan akan membocorkannya melalui berbagai dalih.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Materi tentang hukuman spionase brainly.co.id/tugas/10437316
  2. Materi tentang  pengertian spionase brainly.co.id/tugas/11076101
  3. Materi tentang integrasi nasional brainly.co.id/tugas/2481891
Baca Juga  Rebana merupakan alat musik yang berasal dari negara

Detil Jawaban

Kelas:
9

Mapel: IPS

Bab:
7

Kode: 9.10.7

Kata kunci: spionase, integrasi nasional, dampak

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Spionase akibatnya bagi integrasi nasional Semoga Membantu.