Logam perpaduan dari tembaga dan seng dibawah ini adalah

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Logam perpaduan dari tembaga dan seng dibawah ini adalah

Mata pelajaran : Kimia
Kelas : XII SMA
Kategori : Kimia unsur
Kode kategori berdasarkan kurikulum KTSP : 12.7.3
Kata kunci : campuran tembaga dan seng, kuningan

Jawaban :
Logam tembaga banyak digunakan pada kabel listrik, campuran kerajinan atau perhiasan, dan untuk membuat uang logam. Campuran antara tembaga dengan seng akan menghasilkan kuningan. Jika seng diganti dengan timah maka campuran antara tembaga dengan timah akan menghasilkan perunggu.

Pembahasan :
Tembaga atau cuprum adalah salah satu unsur logam yang terletak pada golongan transisi (B) periode 4. Tembaga dilambangkan dengan Cu memiliki nomor atom 29 dan nomor massanya 63,5. Logam tembaga banyak digunakan untuk membuat kabel listrik karena memiliki sifat konduktor/ penghantar listrik dan panas yang sangat baik.

Selain dimanfaatkan untuk membuat kabel, tembaga juga dimanfaatkan untuk membuat paduan logam seperti kuningan dan perunggu. Kuningan merupakan paduan logam antara logam tembaga (Cu) dan seng (Zn). Tembaga merupakan komponen utama penyusun kuningan. Komposisi logam tembaga dan seng bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan sifat kuningan yang ingin dihasilkan. Umumnya, kadar tembaga yang dicampurkan sekitar 60-95% dan kadar seng dalam campuran sekitar 5-40 %. Kuningan yang memiliki kadar seng lebih tinggi, akan memiliki sifat lebih kuat dan lebih keras, tetapi lebih sulit untuk dibentuk, dan ketahanannya terhadap korosi semakin berkurang.

Di lingkungan sekitar kita, kuningan banyak dimanfaatkan untuk membuat alat-alat rumah tangga, untuk membuat kerajinan atau dekorasi karena memiliki warna seperti emas. Selain itu, beberapa alat musik seperti gamelan, senar/ kawat drum dan terompet juga dibuat menggunakan kuningan.

Baca Juga  Tari jaran kepang berasal dari

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Logam perpaduan dari tembaga dan seng dibawah ini adalah Semoga Membantu.